Perkara Plagiarisme Lana Del Rey Terhadap Radiohead Telah Ditutup

  • By: NTP
  • Kamis, 29 March 2018
  • 1100 Views
  • 2 Likes
  • 8 Shares

Lana Del Rey menyatakan ia tak lagi terlibat dalam masalah hak cipta dengan Radiohead. Pernyataan ini ia sampaikan saat menutup penampilannya di Lollapalooza Brazil pada 24 Maret lalu.

Pada Januari lalu, Del Rey mengakui bahwa Radiohead memperkarakan plagiarisme di lagu “Get Free”, nomor ini diklaim serupa dengan hit lawas “Creep” yang dirilis di tahun 1993.

Walau demikian, Radiohead menolak pernyataan Del Rey melalui manajemen mereka. Radiohead menyatakan tidak ada satupun tuntutan yang telah dilayangkan, tapi kedua belah pihak memang tengah menjalin komunikasi terkait sangkaan plagiarisme “Get Free”.

Menurut Del Rey, Radiohead menolak tawarannya dalam bentuk 40% dari keseluruhan royalti “ Get Free”, alih-alih kuartet asal Oxford ini mematok angka 100%.

Manajemen Radiohead mengaku tidak menempuh jalur hukum, sekaligus sudah meminta Del Rey untuk memuat nama mereka dalam kredit penulisan “Get Free”.

Del Rey akhirnya mengklaim masalahnya dengan Radiohead telah usai. Sebelum menutup penampilannya di Lollapalooza Brazil, Del Rey membawakan “Get Free” sebagai encore.

“Karena perkara saya sudah selesai, mungkin saya sudah bisa membawakan lagu apapun yang saya inginkan,” ujar Del Rey.

Dilansir dari BBC, kredit penulisan lagu “Get Free” di American Society of Composers, Authors and Publishers (ASCAP) belum diperbarui dan belum berubah.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
711 views
superbuzz
891 views
superbuzz
674 views