Personel The National dan Bon Iver Luncurkan Platform Musik ‘People’

  • By: NTP
  • Jumat, 15 June 2018
  • 919 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bryce dan Aaron Dessner (The National) bersama Justin Vernon (Bon Iver) baru-baru ini meluncurkan platform musik daring bernama People. Menurut situs resmi People, layanan ini menyediakan “wadah agar musisi dapat tumbuh dan mengembangkan musik (dan hal-hal di sekitarnya) secara kolaboratif, spontan dan ekspresif.”

People akan menjadi layanan musik daring pertama yang meluncurkan rilisan Big Red Machine, band besutan Aaron Dessner, Vernon, serta Sufjan Stevens dan Reed Parry (Arcade Fire). Layanan ini resmi diluncurkan pada awal Juni lalu.

“Misalnya ada suatu band yang merilis sepuluh lagu dalam satu album, lalu bagaimanakah sisa 30 lagu lainnya? Bagaimana prosesnya? Bagaimana nasib lagu-lagu sisa rekaman lain? Karya seperti ini cukup menarik, tapi selama ini lagu-lagu seperti itu tidak berkembang.”

“Harapannya (People) dapat menjadi lingkungan di mana jenis musik dan kolaborasi baru di luar standar album bisa muncul. Kalau hanya lagu-lagu B-side The National maka proyek ini tidak akan sukses,” ujar Bryce Dessner pada The Guardian.

Menurut Tom Michelberger, salah satu pendiri People, saat ini hanya musisi undangan yang bisa mengakses layanan tersebut. Saat ini akses People berasal dari undangan antarmusisi dan “tidak terbuka seperti Souncloud.”

“Salah satu alasan krusial mengapa musisi ‘profesional’ kehilangan fokus, konsistensi dan kepercayaan diri mereka adalah terkadang mereka harus menunggu tanggal peluncuran album, berbulan-bulan setelah selesai rekaman. Hal itu sangat mengacaukan ritme mereka. Bagi saya, People adalah medium untuk merilis musik baru tanpa harus direpotkan urusan humas, atau yang lain,” pungkas Vernon.

Selain meluncurkan layanan daring, People juga akan menggelar residensi di Berlin selama satu minggu. Sebanyak 160 musisi dijadwalkan akan berkumpul dan berkarya bersama pada Agustus mendatang.

0 COMMENTS

Info Terkait