petra canggih

'Canggih', Cara Petra Sihombing Awali Resolusi Tahun Baru

  • By: NND
  • Kamis, 23 January 2020
  • 380 Views
  • 8 Likes
  • 6 Shares

Setelah sukses meluncurkan "Cerita Kita Milik Semua" dan "Biji", penyanyi-penulis lagu/produser/multi-instrumentalis Petra Sihombing kembali hadir dengan lagu terbaru, “Canggih”.

Lagu pertamanya di 2020 itu ingin menggambarkan perbandingan antara perkembangan pesat teknologi dengan daya gerak manusia yang seakan semakin tertinggal di belakang.

Track baru ini berlaku bak sebuah teguran. Melaluinya, Petra mengajak para pendengarnya untuk sejenak melepas diri dari "pengejaran" itu. Tujuannya agar kita dapat "mempunyai waktu untuk mengevaluasi dan menghargai sekitar," tulisnya di siaran pers.

Namun, “Canggih” tak sebatas teguran agar kita dapat menjadi lebih apresiatif. Menuju spektrum personal, Petra juga menggunakan momentum peluncuran single tersebut sebagai pembuktian dan tantangan bagi dirinya.

“Intinya, gue pengen menjadi lebih konsisten, dan resolusi di tahun 2020 ini untuk sepuluh bulan ke depan gue akan rilis lagu setiap bulannya, setiap tanggal 23. Tungguin, ya!" ungkap sang solois yang juga terkenal sebagai produser itu.

Skema perilisan inilah yang akan digunakan Petra untuk menyambut kedatangan album terbarunya di tahun ini.

Di single ini, Petra juga memberikan ruang pada kolaborator, yaitu Sal Priadi yang turutn menyusun notasi dan menulis liriknya. Petra memberikan ruang gerak yang leluasa bagi Sal untuk menuangkan idenya.

Secara garis besar, musik yang diangkat dalam lagu ini terbilang cukup funky, bahkan, dalam beberapa sekatnya, seksi. Bayangkan sebuah pop bergemilang yang hadir dengan suara-suara instrumen ala lawas.

Meski nostalgic, ia tetap futuristik sebagaimana judulnya berkata. Canggih, bak menoleh ke dua arah secara bersamaan.

Keutuhan proses pengerjaan lagu ini pun dibahas tuntas oleh keduanya dalam episode pertama siaran podcast baru berjudul Semenjak Internet. Seirama dengan resolusinya, podcast baru dari Petra ini juga akan tayang tiap bulannya di tanggal 19.

Merangkumnya, Petra pun menyatakan bahwa "('Canggih') diharapkan bisa menjadi pengingat bagi kita sebagai individu untuk bisa beriringan dengan teknologi tanpa harus meninggalkan esensi diri kita sebagai manusia."

Dengarkan lagu tersebut, di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait