PHIL ANSELMO: Rampungkan Lima Album di Tahun Ini

  • By: NTP
  • Sabtu, 4 February 2017
  • 2330 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Energi kreatif yang meletup-letup memang seringkali sulit tersalurkan lewat satu band atau proyek musik saja. Demikian juga bagi Philip H. Anselmo, eks vokalis Pantera ini beberapa kali bergabung dalam tiga band sekaligus, yaitu Down, Superjoint Ritual, dan Pantera. Pola kerja Anselmo pun berlangsung hingga sekarang.

Dalam wawancara dengan Metal Wani sebelum konser Superjoint Ritual di The Crofoot, Pontiac 22 Januari lalu, Anselmo menyatakan bahwa dia sudah menyelesaikan lima album untuk lima proyek berbeda.

“Saya sudah menyelesaikan lima album berbeda, dan semuanya berbeda, lima album itu terdengar sangat bagus. Beberapa sangat heavy, beberapa lebih dari sekedar heavy, yang lainnya mungkin tidak. Saya tidak bisa mengkategorisasi album tersebut ke dalam heavy metal, setidaknya dari aspek materi,” jelas Anselmo.

Menurutnya, inspirasi atas kumpulan lagu tersebut telah dia dengarkan semenjak pertama kali bisa memainkan gitar. Materi-materi tersebut sudah ditulis dan dikerjakan oleh Anselmo selama karir musiknya. Anselmo mengaku lagu-lagu tersebut ikut tumbuh dewasa bersamanya, baik secara kualitas maupun kuantitas. Vokalis kuartet stoner metal Down ini dibantu oleh Steve Taylor, bassis Superjoint Ritual.

 “Saya mendapat banyak masukan dari Steve Taylor, bassis Superjoint, dia adalah gitaris yang sangat kreatif. Dia partner utama saya sekarang. Jika saya harus merilis musik secara gratis untuk mengeluarkan materi-materi itu, maka saya akan melakukannya. Tentu saja saya akan merilis album fisik, piringan hitam dan hal-hal seperti itu untuk para kolektor,” papar Anselmo.

Sementara itu, Anselmo justru belum bisa memberi kabar apakah Down akan merilis album di tahun 2017. Dia berpendapat bahwa karya-karyanya tahun ini tidak akan bisa dikotak-kotakkan ke dalam wadah genre tertentu. Anselmo menyatakan bahwa karyanya tahun ini akan membuat banyak orang ‘kebingungan’.

 “Down adalah bagian dari (kebingungan) itu, kami bisa menghasilkan lagu-lagu heavy metal, atau lagu seperti ‘Stone the Crow’, dan lagu-lagu akustik. Kami menulis berbagai jenis lagu, genre di dalam genre, dan semuanya dipengaruhi oleh Black Sabbath”.

“Saya mendengar rumor bahwa setelah sesi tur kali ini akan ada jam session dengan Bobby (Landgraf), gitaris Down. Dia sudah membantu kami beberapa kali, dia sudah menulis beberapa aransemen yang kami kerjakan. Jadi pola kerja kami selalu mengalir,” tutup Anselmo.

0 COMMENTS