PHIL ANSELMO: Sebut Vulgar Display Of Power Sebagai Album Terpenting Pantera

  • By: NTP
  • Selasa, 28 February 2017
  • 2731 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Titik balik karier band legendaris datang di saat-saat spesial. Tanpa menemukan momen seperti itu, bisa jadi mereka tidak menyadari potensi diri dan terus berkubang di tempat yang sama, Pantera adalah contoh terbaik. Momen tersebut datang setelah kepulangan mereka dari tur AS bersama Suicidal Tendencies dan Exodus.

Eks vokalis Pantera, Phil Anselmo, kembali mengenang masa-masa tersebut saat membicarakan album Vulgar Display Of Power (1992) dalam wawancara dengan Loudwire baru-baru ini.

“Kami baru saja mengalami sebuah peringatan. Kami baru saja menyelesaikan tur AS sebagai band pembuka bagi Suicidal Tendencies dan Exodus, tiba-tiba saja kami menjadi ikan kecil di sebuah kolam raksasa; dunia di luar Texas dan Louisiana,” tukas Anselmo.

Usai peristiwa tersebut, Pantera kembali mendapat sebuah ‘tanda’. Di belakang panggung pada suatu konser di Toronto, Kanada pada tahun 1991, kuintet ini memohon pada Rob Halford (vokalis Judas Priest) untuk membawakan satu lagu bersama mereka dan unit thrash metal, Annihilator. Akhirnya Halford pun setuju dan setelahnya Pantera pun diajak menjadi band pembuka Judas Priest dalam rangkaian tur Eropa.

Di akhir tahun tersebut, Pantera diberi kesempatan untuk mengisi panggung “Monsters in Moscow” pada bulan September bersama AC/DC, Metallica, dan The Black Crowes. Pantera tampil di depan 500 ribu penonton, dalam rangka merayakan periode kebebasan Uni Soviet (sebelum perserikatan tersebut bubar tiga bulan kemudian) di bawah kepemimpinan Presiden Nikita Kruschev.

Drummer Vinnie Paul, menurut Anselmo, punya andil penting dalam proses kebangkitan Pantera. Paul memberikan motivasi dan membulatkan tekad Pantera saat band ini mulai menancapkan taring di kancah metal. Anselmo menekankan pentingnya motivasi Paul, karena faktor inilah yang menjadi motor rekaman Vulgar Display Of Power (1992).

 “Paul, drummer Pantera, adalah satu-satunya yang berkata, ‘Tugas kita adalah tampil sebaik mungkin, saya tidak peduli apakah kita hanya tampil untuk dua, tujuh atau sepuluh penonton. Kita harus tampil sebaik mungkin setiap malam, pada akhirnya reputasi kita pasti akan tersebar,” papar Anselmo.

“Kami tahu bahwa materi album selanjutnya harus lebih abrasif daripada Cowboys From Hell. Vulgar Display Of Power adalah album terpenting bagi karier Pantera,” tutup Anselmo.

0 COMMENTS