PINK FLOYD: Dijadikan Nama Udang Spesies Baru

  • By: NTP
  • Kamis, 13 April 2017
  • 2019 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Para ilmuwan dan periset tampaknya senang mencantumkan nama-nama band legendaris pada spesies yang baru ditemukan. Contohnya adalah Synalpheus pinkfloydi, yakni spesies udang yang baru ditemukan, dan dinamai berdasarkan Pink Floyd, band psychedelic/progressive legendaris asal London, Inggris.

[bacajuga]

Menurut laporan BBC, spesies ini ditemukan di pesisir Pasifik Panama. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Zootaxa (ditulis bersama oleh tim dari Universidade Federal de Goiás dari Brazil dan Seattle Univesity, AS), Synalpheus pinkfloydi dapat membunuh ikan lewat suara bising yang dihasilkan capit besar berwarna merah jambu. Suara bising tersebut bisa mencapai 210 desibel dan sanggup membunuh ikan kecil yang berada di sekitar udang tersebut.

Synalpheus pinkfloydi ditemukan oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Sammy DeGrave (kepala riset Oxford University Museum of National History). DeGrave menyatakan bahwa penamaan tersebut didasari oleh warna capit besar udang tersebut yang berwarna merah muda.

“Bentuk spesies udang pistol baru ini adalah sebuah kesempatan sempurna untuk memberi penghormatan pada band favorit saya.” ujar DeGrave saat diwawancara BBC (12/4).

“Kami (anggota tim) adalah penggemar Pink Floyd. Maka ketika kami menemukan spesies udang merah jambu baru, kami akan menamainya seperti Pink Floyd,” imbuhnya.

Saat dihubungi NPR, DeGrave mengatakan bahwa penamaan Synalpheus pinkfloydi berasal dari penggalan lirik “Have A Cigar”. Nomor ketiga di album Wish You Were Here tersebut sedikit bercerita tentang pertanyaan yang dilontarkan para pewarta pada Pink Floyd pada tur perdana mereka di AS. Mereka bertanya, “Siapakah diantara kalian yang bernama pink?” DeGrave menyebut insiden tersebut sebagai dasar penamaan Synalpheus pinkfloydi.

Penemuan Synalpheus pinkfloydi bukanlah pertama kalinya tim Dr. DeGrave menamai spesies krustasea baru berdasarkan nama band. Tim Dr. DeGrave sebelumnya pernah memberi nama Elephantis Jaggerai (berdasarkan Mick Jagger, vokalis The Rolling Stones) pada spesies udang baru yang mereka temukan.

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
850 views
superbuzz
10302 views
superbuzz
888 views
superbuzz
3596 views
superbuzz
6721 views

10 'Album Konsep' Terkeren