Piringan Hitam Berkualitas Tinggi Akan Diluncurkan

  • By: NTP
  • Selasa, 24 April 2018
  • 1856 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Piringan Hitam Definisi Tinggi (High Definition Vinyl) semakin mendekati kenyataan.

Setelah melewati uji paten Uni Eropa pada 2016, piringan hitam tersebut diklaim sang pemilik paten memiliki kejernihan suara setingkat lebih tinggi, volume yang lebih tinggi dan waktu pemutaran lebih panjang ketimbang piringan hitam konvensional.

Dilansir dari Pitchfork, startup asal Austria, Rebeat Innovation baru-baru ini menerima pendanaan sebesar US$4,8 juta untuk memulai proyek High Definition Vinyl. Menurut Günter Loibl, CEO Rebeat Innovation, piringan hitam definisi tinggi bisa mulai dipasarkan di awal 2019.

Proses produksi piringan hitam definisi tinggi dimulai dari mengubah audio digital menjadi peta topografis tiga dimensi. Kemudian guratan piringan hitam akan dicetak oleh laser dan mesin pencetak. Menurut Loibl, metode ini lebih presisi dan memungkinkan piringan hitam kehilangan lebih sedikit informasi audio.

Loibl menyatakan piringan hitam definisi tinggi memiliki 30% lebih banyak amplitude, dapat diputar 30% lebih lama dari piringan hitam konvensional dan mereproduksi hasil rekaman dengan lebih baik. Teknik produksi ini juga menghindari proses kimiawi yang digunakan dalam pencetakan piringan hitam.

“Tujuan kami adalah memamerkan piringan hitam percobaan di konferensi Making Vinyl, Oktober mendatang.

Butuh waktu sepanjang delapan bulan untuk menyetel ulang semua peralatan produksi. Jadi kita akan melihat piringan hitam definisi tinggi dijual pertama kalinya pada musim panas 2019,” pungkas Loibl.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
153 views
superbuzz
319 views
superbuzz
174 views
superbuzz
270 views