Presiden Irlandia dan Orang Dekat The Cranberries Kenang Dolores O’Riordan

  • By: NTP
  • Selasa, 16 January 2018
  • 2156 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Ucapan belasungkawa, obituari dan tribute dari industri musik mulai berdatangan melepas kepergian Dolores O’Riordan, vokalis The Cranberries. Belasungkawa untuk O’Riordan bahkan datang dari Michael Higgins, Presiden Republik Irlandia, melalui situs resminya.

“Dolores O’Riordan dan The Cranberries berpengaruh besar terhadap musik rock dan pop, baik di Irlandia maupun di seluruh dunia. Saya masih mengenang saat Jim Kemmy, anggota parlemen asal Limerick, mengenalkan saya pada Dolores dan The Cranberries, betapa bangganya dia dan warga sekitar atas kesuksesan mereka. Bagi anda yang menyukai dan mendukung musik, musisi dan kesenian Irlandia, akan merasa kehilangan yang begitu besar atas kepergiannya,” tulis Higgins.

Sementara itu dalam tribute-nya di Rolling Stone, Stephen Street (produser album Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We? dan No Need To Argue) menulis bahwa almarhum membawa pengaruh positif bagi semua orang yang mengenalnya.

Ia merunut pertemuan pertamanya dengan almarhum saat The Cranberries tampil di Marquee, London. Saat itu Street diutus Island Records untuk meninjau kemungkinan kerjasama untuk merekam debut Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We? (1993).

Pada penampilan itu Street melihat O’Riordan masih gugup saat bernyanyi dan menghindari kontak mata dengan penonton. Walau demikian Street merasa terpikat dengan penampilan The Cranberries. Ia sepakat untuk segera masuk dapur rekaman.

“Hasil jerih payah mereka adalah album Everybody Else Is Doing it Why Can’t We? yang memuat single ‘Dreams’ dan ‘Linger.’ Saat sesi rekaman berlangsung saya bisa melihat Dolores dan kawan-kawan semakin percaya diri. Tetapi saya benar-benar terkejut melihat perubahan karakternya, sembilan bulan setelah album ini dirilis, saat mereka tampil tanpa henti di Amerika dan Eropa.”

“Seorang pemalu itu sudah berganti menjadi seorang vokalis kuat bertekad baja yang mampu menatap mata para penonton dan meraih telinga serta mata mereka. Perubahan ini sungguh luar biasa,” tulis Street.

Di hari kematiannya almarhum dijadwalkan untuk menyumbang vokal dalam cover “Zombie” yang dibawakan oleh Bad Wolves, band rock asal Los Angeles. Kepala label mereka adalah manajer Cranberries di dekade 90-an, Allen Kovac.

“Saat pertama kali bertemu Dolores, saya sudah melihat bakatnya yang luar biasa. Memanajeri The Cranberries dan ambil bagian dalam lagu ‘Zombie,’ salah satu lagu terbesar di masanya bagi saya adalah kehormatan profesional.”

“Saya tertarik untuk kembali menjadi bagian dalam karyanya yang menakjubkan,” ujar Kovac.

0 COMMENTS