Kendrick Lamar

Prestasi Baru Kendrick Lamar Saingi Eminem

  • By: NND
  • Minggu, 28 July 2019
  • 210 Views
  • 2 Likes
  • 6 Shares

Ungkapan “kualitas tidak pernah bohong” mungkin tepat diterapkan sekarang. Meskipun sudah tujuh tahun dirilis, materi album kedua dari Kendrick Lamar, good kid, m.A.A.d city, merupakan sebuah album yang masih duduk manis di tangga album top 200 milik Billboard—yang dengan begitu, menjadi seri dengan rilisan milik Eminem, The Eminem Show.

Dalam kancah hip-hop, hanya kedua album inilah yang bisa duduk di dalam tangga album tersebut, dengan durasi yang memukau, 350 minggu.

good kid, m.A.A.d city dirilis pada bulan Oktober 2012 sebagai album sophomore dari Kendrick. Album itu juga menjadi debutnya bersama dengan label major milik Dr. Dre, Aftermath Entertainment dan Interscope Records. Diproduseri oleh Just Blaze, Pharrell, Hit-Boy, Scoop DeVilla, dan Dre sendiri; album tersebut mendarat dengan pujian dari publik maupun kritik.

Narasi daerah Compton yang ia tumpahkan via barisan rima dipenuhi oleh referensi narkoba dan kehidupan gang, diselipkan juga dengan pengalaman hidup asli Kendrick, yang membuatnya menjadi sebuah materi jujur bak reportase kehidupan keras di lingkungannya yang berkualitas. Dari judul dan sampul albumnya, narasi apa yang akan diangkat sudah jelas terasa; namun mendengarkannya tidak akan pernah gagal memukau. Kendrick benar-benar sedang di puncak performanya ketika album ini dirilis.

Album ini berhasil mengamankan sejumlah nominasi untuk Kendrick, hingga memenangkan kategori Album Rap Terbaik milik Grammy pada tahun rilisnya. Awalnya dirilis, ia langsung mendarat pada posisi kedua dalam tangga album Billboard 200—yang masih ia huni, 350 minggu kemudian, alias hingga sekarang.

Apa lagu favorit good kid, m.A.A.d city versi kalian? Dengarkan salah satu single terbaiknya, melalui video di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait