Produsen Gitar Legendaris Gibson di Ambang Kebangkrutan?

  • By: OGP
  • Selasa, 20 February 2018
  • 2271 Views
  • 4 Likes
  • 16 Shares

Bak petir di siang bolong. Kabar tak sedap kembali melanda jagat musik dunia. Salah satu manufaktur gitar paling populer, Gibson dikabarkan tengah mengalami krisis. Perusahaan yang didirikan oleh Orville Gibson ini hampir bangkrut lantaran memiliki utang sebesar US$ 375 juta atau setara Rp 5,06 triliun.

Utang berjumlah fantastis itu harus dibayar lunas pada 23 Juli mendatang. Jika tidak, pihak Gibson akan dikenai denda sejumlah US$ 145 juta atau sekitar Rp 1,95 triliun. Pendapatan tahunan yang mencapai lebih dari US$ 1 miliar, terlampau jauh dari normal mengingat utang-utang tersebut menyentuh angka triliunan. Ketidakberhasilan melunasi utang ini lantas berbuntut pada posisi CEO Gibson saat ini, Henry Juszkiewicz yang harus angkat kaki dari jabatannya.

“Situasi yang dihadapi oleh manufaktur instrumen musik ikonis asal Nashville, yang mana memiliki pendapatan lebih dari US$ 1 miliar, itu jauh dari kata normal. CFO Bill Lawrence belum lama ini meninggalkan perusahaan tersebut setelah kurang dari setahun bekerja dan enam bulan sebelum pelunasan hutang perusahaan sebesar US$ 375 juta jatuh tempo,” dilansir melalui Nashville Post via NME.

Merespons rumor buruk tersebut, CEO Gibson, Henry Juszkiewics membeberkan langkah jitu perusahaan selanjutnya. Salah satunya adalah dengan memonetisasi aset yang dimiliki.

“Kami telah memonetisasi aset seperti kepemilikan saham, properti riil, dan segmen bisnis yang tak mencapai sesuai dengan target yang diharapkan. Dengan memonetisasi aset-aset ini, kami dapat mengurangi hutang dan memperoleh dana untuk berkontribusi pada segmen bisnis yang sedang berkembang,” ujarnya.

Selama berdiri lebih dari seabad, Gibson perlahan menjelma jadi salah satu merek gitar paling ikonis di dunia. Merek ini digemari oleh sederet kesatria-kesatria gitar seperti Les Paul, Chuck Berry, B.B King, Jimmy Page, Slash, Gary Moore, Pete Townshend, hingga Joe Perry.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
3544 views