PRS Tuntut Royalti dari Soundcloud, Negosiasi Alot?

  • By: LS
  • Jumat, 11 September 2015
  • 2458 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sudah seharusnya seorang musisi diapresiasi atas karya-karyanya bukan? Sekadar menjadi pendengar saja tidak cukup membayar mereka, guys. Proses kreatif memakan banyak tenaga dan ide mahal. Bukan hal aneh jika Performing Rights Society (PRS) menuntut jejaring Soundcloud karena hal ini.

PRS mengumpulkan dan mendistribusikan royalti pada musisi ketika lagu mereka dimainkan di radio, televisi atau secara online. Organisasi ini mengatakan Soundcloud seharusnya memiliki lisensi PRS dan membayar musisi untuk setiap musik yang diputar lewat jejaring tersebut.

Di bulan yang sama, PRS harus mengurus hal serupa yang mereka lakukan juga pada Spotify. “Jika pasar streaming telah mencapai potensi yang sebegitu besar dan menawarkan penawaran yang adil untuk member kami (para musisi), organisasi seperti Soundcloud seharusnya membayar royalti untuk musik mereka,” ujar pihak PRS.

Pihak Soundcloud berkilah hal ini akan menjadi bahan negosiasi yang alot. Mereka mengatakan Soundcloud memang sebuah platform dari creator untuk creator dan mengoneksikan mereka dengan fans. Jika saja para musisi merelakan musik mereka diunggah dalam jejaring macam Spotify dan Soundcloud, jangan harap ada royalti yang akan mereka dapat dari sana. Toh, sejak awal ketentuannya sudah begitu. Apa yang diperjuangkan PRS ini bakal jadi hal yang percuma kalau kedua jejaring ini tetap keukeuh pada pendirian mereka.

Foto: steffenk.net, soundcloud.com

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
244 views
superbuzz
600 views
superbuzz
686 views