SEX PISTOLS: Putra Eks Manajer Bakar Memorabilia Sejarah Punk

  • By: OGP
  • Rabu, 30 November 2016
  • 2880 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Punk telah mati. Begitu tafsiran yang terlontar dari mulut seorang Joe Corre. Putra dari mantan manajer Sex Pistols, Malcolm Mclaren dengan desainer kenamaan Vivienne Westwood baru-baru ini melakukan tindakan kontroversial dengan sengaja membakar memorabilia berharga band punk sekaliber Sex Pistols di sekitaran sungai Thames area Kota London. Tak tanggung-tanggung benda ‘warisan’ penting ini ditaksir memiliki harga jual fantastis. Diperkirakan barang yang dibakarnya mencapai angka 5 juta Poundsterling (85 miliar Rupiah). Hal ini digencarkan Corre sebagai bentuk aksi protes terhadap matinya musik punk masa kini.

Barang langka semacam rekaman-rekaman fisik Sex Pistols hingga atribut kostum panggung milik Johnny Rotten ludes dilalap api di tangan Corre sendiri. Baginya musik punk kini telah bertransformasi menjadi ‘alat’ penjualan lain yang bermaksud menjual sesuatu yang sebenarnya tak dibutuhkan oleh publik. Itu dilakukan Bertepatan dengan 40 tahun perayaan perilisan debut single andalan Sex Pistols “Anarchy In The UK” yang sukses mendongkrak pamor Rotten Cs di lanskap musik rock saat itu.

Ironisnya, dari pihak internal Sex Pistols sendiri tak setuju dengan gencatan aksi ‘gila’ yang dilakukan oleh Corre. Bagi John Lydon sang vokalis, seharusnya memorabilia itu lebih baik dijual dan hasilnya kemudian disumbangkan ketimbang harus musnah dibakar sia-sia. Corre melakukan pembakaran barang bersejarah Sex Pistols karena atas dasar menganggap musik punk itu sebagai anti-kemapanan. Ia tak ingin punk masuk ke zona mainstream. Lucunya di balik itu, Corre adalah bisnisman pemilik brand lingerie ternama di Inggris. Di balik renda dan kawat di balik bisnis lingerie miliknya, Corre sejatinya melihat punk sebagai wujud sakral yang tidak pantas menjadi santapan masyarakat kapitalis - walau aksinya terbilang kelewat ekstrim. Mungkin jiwa punk memang sudah terlalu berkarat di dalam diri Corre.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
397 views
superbuzz
1318 views
supericon
1757 views
superbuzz
1010 views
superbuzz
3148 views