raben seperti hutan

'Seperti Hutan', Ode dari Raben untuk Skena Hip-Hop Indonesia

  • By: NND
  • Sabtu, 15 February 2020
  • 333 Views
  • 3 Likes
  • 8 Shares

Adalah Raben, seorang rapper yang memulai kariernya bersama Saykoji; yang juga sempat tergabung dan aktif bersama grup hip-hop Rafi & The Beat. Sebagai salah satu aktivis kancah hip-hop yang melantang dari kota Jakarta, Raben kembali menguatkan eksistensinya melalui sebuah single baru, bertajuk "Seperti Hutan." Simak klipnya di bawah ini:

"Bukan masalah pemain lama atau baru, salam untuk penikmat dan juga pelaku!" Seperti itulah salah satu penggalan lirik yang disematkan ke dalam rima "Seperti Hutan." Melalui lagu yang lahir dari kolaborasi antara TACK dan All Good Music, yang juga dikemas melalui beats gubahan Astagah Bonnie ini, Raben menuturkan pengalamannya menyusuri dunia hip-hop sebagai seorang rapper dan pelaku skena.

Melansir siaran pers, lagu ini merupakan gestur "kompromi Raben dengan para pelaku kancah hip-hop tanah air," Sebuah lagu yang ditujukan kepada mereka yang juga terjun dan berkarya mengusung musik hip-hop.

"Seperti hutan, kadang buat ku heran, kenapa susah jadi teman?" ucapnya berulang-ulang di chorus. Rasanya, hanya dengan mencerna barisan lirik ini, para pendengar sudah diberikan gambaran jelas terkait apa yang hendak 'dikompromikan" oleh Raben.

Berpaling ke beats-nya, Raben dan Astagah Bonnie bak memutar waktu kembali ke era-era kelahiran hip-hop. Sample musik funk kulit hitam diangkat sebagai backbone-nya, memberikan tatanan beats yang funky--a trip down memory lane ke era-era awal hip-hop. Dj Slide juga turun tangan, berkontribusi sebagai DJ scratch dan menggarap sesi mastering-nya

Hasilnya? Sebuah track padat berdurasi singkat yang segar. Raben dengan karakter rimanya, terasa pas menyusuri celah-celah beats funk yang bernuansa fun dan jenaka. Pesan semi-nyinyir Raben mendarat mulus tanpa terkesan terlalu galak--yang dengan begitu, justru lebih menyentil bagi mereka yang merasa tersindir.

Bersamaan dengan meluncurnya single ini, Raben juga menyatakan bahwa dirinya tengah mempersiapkan beberapa lagu baru yang rencananya akan dikemas menjadi EP yang siap dirilis di pertengahan 2020. Pantau terus!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
41 views
superbuzz
111 views
superbuzz
158 views
superbuzz
213 views
superbuzz
390 views