RACHUN: Peringati Reformasi dengan Rilis Videoklip Baru

  • By: NTP
  • Senin, 22 May 2017
  • 3168 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Usai melepas EP Pra-Karya pada 24 Maret lalu, Rachun merilis single baru dalam format videoklip. Lagu tersebut bertajuk “Baling-Baling Bambu”, yang merupakan single kedua Pra-Karya dan sudah bisa didengarkan di beberapa layanan musik digital. Videoklip “Baling-Baling Bambu” dirilis di laman YouTube Sinema Pinggiran pada 21 Mei lalu.

[bacajuga]

Videoklip tersebut bekerjasama dengan Sinema Pinggiran, kolektif visual yang sebelumnya pernah menggarap video musik Siksakubur, Marjinal Barefood, Morfem, Adrian Adieotomo, dan Matajiwa. Klip “Baling-Baling Bambu” disutradarai oleh Allan Soebakir. Allan adalah bagian dari kolektif Sinema Pinggiran.

Visual klip “Baling-Baling Bambu” diisi teknik kolase yang mempertemukan gambar, foto atau potongan klip dari berbagai era pemerintahan Indonesia. Dalam siaran pers Rachun, mereka menyatakan bahwa motif visual tersebut menampilkan aspek teatrikal atau dramaturgi dari politik.

“Berkolaborasi dengan Sinema Pinggiran, ‘Baling-Baling Bambu’ menjadi single kedua dari EP Pra-Karya yang dikemas dalam video dengan teknik kolase. Dari tragedi '65, kerusuhan '98, sampai kasus korupsi beberapa bulan lalu dapat tercermin lewat prakarya (pekerjaan tangan) Sinema Pinggiran. Di beberapa bagian, tempelan-tempelan film Hollywood menjadi tanda bahwa politik digemuki dengan berbagai dramaturgi,” jelas Rachun.

Warna rock khas Rachun yang blak-blakan turut memperkuat pesan yang ingin disampaikan band asal Potlot ini. Menurut siaran pers mereka, “Baling-Baling Bambu” adalah kritikan terhadap pada “kasus-kasus kejahatan yang tak terselesaikan baik pada masa Orde Baru maupun Pascareformasi. Para dalang dan pelakunya yang tak pernah diadili seolah terbang dengan baling-baling bambu Doraemon dan menghilang tanpa jejak.”

Tonton videoklip "Baling-Baling Bambu" dari Rachun di bawah ini:

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1848 views
superbuzz
1601 views
supershow
2631 views
superbuzz
13837 views