RADIOHEAD: Dijadikan Nama Spesies Baru Semut

  • By: NTP
  • Rabu, 26 April 2017
  • 2414 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Radiohead baru-baru ini dipilih menjadi nama spesies semut baru yang ditemukan di hutan Amazon Venezuela. Dilansir dari Phys.org (24/4), Sericomyrmex radioheadi ditemukan oleh Ana Ješovnik dan Ted R. Schultz dari Laboratorium Semut, Smithsonian Institute, Washington D.C.

[bacajuga]

“Kami ingin memberikan penghormatan bagi musik mereka. Tapi yang lebih penting adalah kami ingin mengakui usaha-usaha konservasi yang dilakukan oleh personel Radiohead, terutama mengenai kewaspadaan tentang perubahan iklim,” ujar Ješovnik.

“Spesies semut baru ini adalah petani jamur kerabat semut pemotong daun,” imbuhnya menjelaskan.

Semut yang tergolong dalam genus Sericomyrmex (yang berarti semut sutra) adalah semut petani jamur, yaitu kelompok semut yang sudah mampu mengembangbiakkan makanan mereka sendiri. Genus semut ini adalah kerabat semut pemotong daun, yang bisa ditemukan di zona Neotropik (kawasan Amerika Tengah hingga Amerika Selatan).

Dalam penelitian yang dilakukan Ješovnik dan Schultz, mereka mengumpulkan contoh ‘semut sutra’ dari seluruh zona Amerika Tengah dan Selatan.

Setelah dua peneliti ini memindai sampel tersebut dengan mikroskop elektron, mereka menemukan bukti bahwa ada lapisan kristal putih di  sekujur tubuh semut. Mereka juga menemukan anomali, yaitu lapisan kristal tersebut hanya ada di tubuh semut perempuan tapi tidak hadir sama sekali di tubuh semut laki-laki.

Kemudian, mereka merevisi genus spesies semut tersebut melalui data urutan DNA dan morfologinya. Ternyata, mereka menemukan tiga spesies baru. Salah satu spesies tersebut adalah Sericomyrmex radioheadi, yang sampelnya berasal dari hutan Amazon Venezuela.

Pemilihan Radiohead sebagai penamaan ilmiah ini menambah deretan band/musisi yang namanya diabadikan sebagai jenis spesies baru. Belum lama ini nama bassis Cannibal Corpse, Alex Webster, dijadikan nama spesies cacing purba. Lalu nama Pink Floyd juga disematkan ke seekor udang spesies baru.  

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
34 views
superbuzz
784 views
superbuzz
960 views
superbuzz
723 views