Radiohead Mengheningkan Cipta di Toronto

  • By: NTP
  • Sabtu, 21 July 2018
  • 1096 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Radiohead kembali tampil di Toronto, Kanada untuk pertama kalinya sejak meninggalnya teknisi drum mereka, Scott Johnson pada 2012 lalu akibat tertimpa reruntuhan panggung di kota tersebut. Kali ini, Radiohead gelar momen mengheningkan cipta bagi Johnson di penghujung konser mereka.

Sebelum mengheningkan cipta, Thom Yorke mengutarakan kemarahannya pada kegagalan pemerintah dan kejaksaan Toronto untuk menghukum pihak-pihak yang bertanggungjawab atas kecelakaan tersebut.

“Enam tahun lalu kami tampil ingin menggelar konser di Toronto. Panggung konser kami runtuh dan menewaskan teman kami. Orang-orang yang bertanggungjawab hingga kini masih bebas, di kota kalian. Keheningan mereka sungguh memekakkan telinga kami,” ucap Yorke.

Pada 2013 lalu, Kementrian Ketenagakerjaan Ontario menuntut promotor konser Live Nation, perusahaan perancah Optex Staging and Services dan seorang insinyur, Domenic Cugliari karena dianggap melanggar pasal Occupational Health and Safety Act provinsi Ontario. Setelah sidang ditunda beberapa kali, hakim Ontario memutuskan tetap menuntut pihak-pihak tersebut.

“Rasanya membuat kami sangat frustasi. Kasus ini terhambat persoalan teknis. Tidak ada jawaban pasti, tanpa jawaban pasti kita tidak bisa memastikan kecelakaan seperti itu bisa ditanggulangi,” ujar drummer Phil Selway pada BBC Newsnight, beberapa hari sebelum Radiohead tampil di Toronto.

Sejak November 2017, Kepala Pemeriksa Mayat (coroner) Ontario secara formal  memutuskan bahwa lembaganya akan melakukan penyidikan lebih lanjut dalam kasus kematian Johnson. Namun, hingga saat ini tanggal, lokasi dan pemeriksa mayat untuk kasus kematian Johnson belum ditetapkan.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
395 views
supergears
716 views
superbuzz
620 views
superbuzz
1139 views