OK Computer

Radiohead Merilis Arsip Sesi Rekaman 'OK Computer' yang Dibobol Hacker

  • By: NTP
  • Jumat, 14 June 2019
  • 800 Views
  • 2 Likes
  • 9 Shares

Setelah mengalami peretasan materi sesi rekaman OK Computer (1997) sebanyak 18 jam, Radiohead malah memutuskan merilis kumpulan materi tersebut dalam format fisik minidisc 18 keping dan melalui laman Bandcamp mereka..

Materi tambahan OK Computer sebanyak 18 minidisc tersebut menampilkan materi full band dan beberapa music garapan Thom Yorke. Seluruh set tersebut tidak dijual satuan dan dibanderol sebesar 18 poundsterling selama 16 hari ke depan.

Seluruh keuntungan yang mereka terima akan disumbangkan untuk kelompok aktivis lingkungan asal Inggris, Extinction Rebellion.

Melalui catatan panjangnya di akun Instagram Radiohead, Jonny Greenwood mengonfirmasi bahwa tabungan materi mereka baru-baru ini telah diretas. Dia mengatakan bahwa seseorang mencuri arsip minidisc era OK Computer dan meminta tebusan sebesar US$150 ribu.

“Ketimbang mengeluh, atau membiarkannya saja, kami memutuskan untuk merilis materi sepanjang 18 jam di Bandcamp untuk membantu Extinction Rebellion.. Jadi hanya dengan 18 pound, kalian bisa tahu apakah kami memang harus membayar tebusan itu,” tulis Greenwood.

Menurut lansiran Spin, kumpulan minidisc OK Computer memuat materi yang belum dirilis, termasuk lagu-lagu yang belum selesai, nomor ambient, rekaman latihan dan demo Radiohead.

Tak lama setelah materi mereka diretas, sekumpulan penggemar Radiohead menyusun daftar lagu komprehensif dilengkapi dengan deskripsi, catatan kaki dan judul lagu baru.

Koleksi materi tersebut juga memuat beberapa materi non-album seperti “Lift” dan “I Promise”, yang sudah dirilis pada OK Computer edisi 20 tahun pada 2017 lalu.

“(Kumpulan materi ini) tidak ditujukan untuk konsumsi publik (walau beberapa cuplikannya ada di kaset reissue OK Computer) karena memang tidak begitu menarik, juga sangat, sangat panjang. Bukan untuk diunduh di ponsel, tapi sekarang sedang hujan kan?” tutup Greenwood.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
86 views
superbuzz
302 views
superbuzz
886 views
superbuzz
1028 views