Radiohead Tuduh Lana Del Rey Memplagiat Lagu ‘Creep’

  • By: NTP
  • Selasa, 9 January 2018
  • 2757 Views
  • 4 Likes
  • 7 Shares

Baru-baru ini Radiohead melayangkan gugatan hukum perihal dugaan plagiarisme yang dilakukan penyanyi asal New York, Lana Del Rey. Perkara ini dilakukan oleh Radiohead berdasar kesamaan yang mereka temukan antara lagu ikonis “Creep” dengan single Del Rey di album Lust For Life (2017), “Get Free”.

Dilansir dari tabloid The Sun, pihak manajemen Del Rey tengah menunggu gugatan dari Radiohead untuk kredit penulisan lagu “Get Free”. Kedua pihak manajemen dikabarkan tengah “mencoba untuk menyelesaikan perkara ini di belakang layar agar tidak sampai ke meja hijau.”

“Kini tim manajemen Radiohead berharap bisa menerima kompensasi materil atau dimuat dalam daftar penulis lagu agar bisa menerima royalti,” papar The Sun.

Melalui cuitan pada 8 Desember lalu di akun Twitter resminya, Del Rey mengonfirmasi kabar gugatan terhadap “Get Free” dari Radiohead.

Pada 1992 silam, justru Radiohead yang menerima gugatan sejenis atas single “Creep.” Nomor anthemic dari Pablo Honey (1993) ini dituntut atas tuduhan memplagiat lagu “The Air That I Breathe” milik The Hollies.

Dua penulis lagu tersebut, Albert Hammond dan Mike Hazlewood meminta nama mereka dimuat dalam kredit penulisan “Creep.”

Kasus ini selesai saat Radiohead mengakui kesamaan melodi dan struktur kord dua lagu tersebut. Radiohead akhirnya memberikan sekian persen keuntungan yang didapat dari hak penerbitan “Creep” pada Hammond dan Hazlewood.

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    mirip juga sich...

Info Terkait

superbuzz
123 views
superbuzz
569 views
superbuzz
742 views