Radiohead

Radiohead Unggah Semua Album Mereka ke YouTube

  • By: NTP
  • Rabu, 25 December 2019
  • 1410 Views
  • 10 Likes
  • 10 Shares

Sebagai salah satu band terbesar pertama yang membuka akses album digital secara cuma-cuma, Radiohead kembali melakukan terobosan. Baru-baru ini mereka telah mengunggah seluruh diskografi ke kanal YouTube, setelah Billboard mengumumkan akan menghitung angka stream di situs tersebut untuk menentukan posisinya di tangga lagu.

Saat ini seluruh album, walau belum seluruh lagu mereka, dapat diakses melalui kanal Radiohead di YouTube. Setiap album yang mereka unggah memiliki tanda waktu di tahun 2016, bertepatan dengan akuisisi seluruh katalog lampau mereka oleh XL Recordings.

Keputusan Radiohead tidak bisa dilepaskan dari keputusan Billboard 200, berikut turunan genre-nya, yang kini menghitung angka stream YouTube dan beberapa platform musik digital saat menentukan rangking.

Langkah tersebut dilakukan untuk menyesuaikan perilaku pendengar musik, terutama menggeser dari penjualan album menuju model konsumsi.

Di tahun 2013, Billboard sudah menghitung angka stream YouTube untuk lagu-lagu yang akan menembus Hot 100 Chart. Lagu pertama yang menempati posisi puncak saat model ini diberlakukan adalah “Harlem Shake”. Belum ada keterangan dari Billboard mengapa mereka baru memasukkan jumlah pemutaran album di YouTube enam tahun setelahnya.

Langkah Radiohead ini bisa jadi adalah kado buat para fans.

Sementara itu, semua personil tengah disibukkan aktivitas masing-masing setelah dilantik ke Rock & Roll Hall of Fame angkatan 2019, Maret lalu.

Tahun ini, Thom Yorke melepas album solo berjudul ANIMA, menggelar tur solo, dan merilis soundtrack film Motherless Brooklyn bersama Flea yang menghasilkan nominasi Oscar.

Sedangkan, Ed O’Brien mengonfirmasi bahwa album sekaligus tur solonya akan rilis pada 2020 setelah melepas beberapa single baru. Gitaris Jonny Greenwood meluncurkan label rekaman khusus musik klasik, merilis komposisi baru berjudul Horror vacui, dan tampil di Tiny Desk Concert.

2 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Mantannbb

  • Alex77

    Mantap... Bisa akses semua lagu by you tube

Info Terkait

superbuzz
15 views
superbuzz
23 views
superbuzz
42 views
superbuzz
105 views
superbuzz
112 views