Rapper Muda Inggris, Dave, Rilis Dua Single Kejutan

Rapper Muda Inggris, Dave, Rilis Dua Single Kejutan

  • By:
  • Kamis, 6 May 2021
  • 84 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tanpa tanda-tanda atau pengumuman sebelumnya, Dave, rapper asal Inggris itu memberi kejutan buat para penggemarnya. Rapper muda berusia 22 tahun tersebut merilis lagu baru secara mengejutkan pada awal April 2021.

Tidak hanya satu, tapi dua single baru sekaligus langsung dikeluarkan oleh Dave berjudu Titanium dan Mercury. Dari keterangan pers yang dilaporkan oleh NME, Dave merekam dua lagu itu dalam momen yang tiba-tiba terinspirasi.

Adapun, teaser dari lagu Titanium sudah diberikan oleh Dave sebelumnya melalui Instagram-nya. Dalam sebuah lip, DAve menyanyikan lagu rap sambil duduk di depan desktop yang menampilkan komposisi digital lagu tersebut.

Sementara untuk lagu Mercury, menampilkan vokal dari penyanyi dan penulis lagu, Kamal. Di atas akord piano pembuka yang lembut, dia menyanyikan penggalan lirik: I’ll feel you breaking under my skin/ I’ll be your vacant lover,” hingga akhirnya suara drum mulai masuk dan Dave mulai nge-rap.

Dua rilisan single baru ini seolah menunjukkan bahwa Dave tidak hilang dari peredaran meski selama satu tahun terakhir namanya jarang terdengar. Lagu Titanium sendiri memang menjadi jeda panjang karena tahun lalu Dave tidak merilis lagu solo, tapi Dave itu masih tampil di 'Money Talks' Fredo dan 'Little Bo Peep' milik Ghett, jadi dia tidak menghilang atau semacamnya.

“Twenty-two with a 2.2, just came back from a long hiatus, she came, that came from the clit, no shit, I don’t need vibrators, you get hit with a stick, Black Panther, you’re gonna need Vibranium, I got stainless steel, I got platinum I got gold and I got titanium/," begitu Dave membawakan lirik dari lagu Titanium.

Lagu Mercury dan Titanium sendiri menjadi single termutakhir yang dirilis Dave sejak lagu Paper Cuts pada 2019. Setelah itu, Dave lebih banyak disibukkan dengan proyek kolaborasi bersama musisi lain seperti Fraser T Smith, Giggs, Fredo, dan Ghetts.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SANTAN (@santandave)

Sebelum merilis dua lagu kejutan ini, Dave dikabarkan pergi berlibur di awal tahun 2021 bersama rapper Amerika Serikat, Fredo Santana. Setelah liburan itu, Dave berjanji kepada para penggemarnya bahwa dirinya sedang dalam proses penggarapan album keduanya.

“Setelah ini, saya akan merilis album kedua saya, saya berjanji,” Dave menuliskan serangkaian foto cerah dari liburannya di Instagram pada 14 Maret lalu, termasuk beberapa foto di atas kapal dengan kolaborator ‘Money Talks’.

Nama Dave sendiri sudah mulai dikenal sejak 2015 lalu atau ketika umurnya masih belasan tahun. Setelah merilis beberapa single, Dave melepas EP debutnya pada September 2016 bertajuk Six Paths. Karya itu disusul dengan hadirnya EP kedua Dave berjudul Game Over pada November 2017.

Karier Dave semakin cemerlang dengan meriah penghargaan pertamanya sebagai Best Newcomer Act dari MOBO Awards pada 2017. Di tahun 2018, Dave merilis lagu baru berjudul Hangman dan di tahun itu meraih penghargaan lagi melalui lagunya "Question Time" di Ivor Novello Awards.

Ada jeda hiatus selama 7 bulan yang dialami Dave setelah itu, kemudian Dave kembali berkarya dengan ditandai rilisnya lagu baru Funky Friday pada Oktober 2018. Lagu ini memuncaki tangga lagu di Inggris, sekaligus menjadi lagu pertama Dave yang mencatatkan prestasi itu dan lagu pertama yang ada di 10 besar.

Karier bermusiknya semakin serius dengan meluncurnya album debut Dave bertajuk Psychodrama pada Maret 2019. memulai debutnya di nomor satu di Inggris, terjual 26.390 eksemplar di minggu pertama, dengan 79% dari totalnya dihasilkan oleh 26,3 juta pendengar streaming.

Album ini menuntun Dave pada kesuksesan lain dengan meraih penghargaan Mercury Prize pada September 2019. Tak sampai di situ, album Psychodrama juga mengantarkan Dave meraih penghargaan lain di Brit Awards 2020 untuk Album of the Year.

Sebelum menerima penghargaan Album of the Year, Dave memberikan penampilan yang emosional dari lagunya berjudul Black. Lagu ini mengangkat pengalamannya menjadi seorang pemuda kulit hitam yang tumbuh di Inggris Raya.

"Semua raja dan permaisuri muda yang mengejar impian mereka, saya tidak berbeda dari Anda. Kalian bisa melakukan apapun yang kalian inginkan dan pikirkan. Saya hanya ingin mengatakan, semua orang yang saya kenal ada sedang menjalankan waktu mereka," ujar Dave saat menerima penghargaan Brit Awards 2020.

 

Image source: Instagram/Santan Dave

0 COMMENTS