Rara Sekar Mantapkan Langkah Hara dengan Single Kedua

Rara Sekar Mantapkan Langkah Hara dengan Single Kedua

  • By:
  • Sabtu, 19 June 2021
  • 90 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Semakin hari, Rara Sekar semakin memperlihatkan kemantapan hatinya untuk berkarya di ranah musik di luar format kelompok atau grup yang sebelumnya menghiasi perjalanan karier bermusiknya. Memperkenalkan diri kembali di bawah nama Hara, Rara Sekar sempat merilis single perdana untuk proyek musik terbarunya tersebut pada penghujung tahun 2020 lalu. Kini Rara Sekar kembali membawa Hara ke permukaan dengan single kedua berjudul Kebun Terakhir yang baru rilis pada akhir Mei 2021 lalu.

Rara sekar dikenal dengan gaya penulisan musik yang mendalam. Hal tersebut juga kembali diaplikasikan oleh Rara Sekar pada lagu baru untuk proyek musik Hara yang sedang dikembangkannya ini. Untuk lagu berjudul Kebun Terakhir milik Hara, Rara Sekar menulis lagu ini untuk berpesan kepada para pendengarnya tentang kekuatan dari sebuah harapan. Kebun Terakhir milik Hara yang ditulis oleh Rara Sekar ini terinspirasi dari kehidupan petani di Indonesia dengan segala permasalahannya yang memilih untuk tetap bertahan untuk menjaga tanah yang dimilikinya dalam sebuah harapan. Untuk pesannya dapat tersampaikan dengan baik, Rara Sekar memilih untuk menggunakan komposisi musik sederhana yang lekat dengan dirinya semenjak dikenal sebagai musisi di Banda Neira maupun Daramuda Project.

Single kedua yang dirilis oleh Rara Sekar untuk Hara ini merupakan sebuah persembahan sang musisi demi menyambut mini album perdananya. Rencananya, Rara Sekar ada merilis EP perdana untuk Hara dengan tajuk Kenduri. Perihal jadwal perilisan, Rara Sekar mengumumkan bahwa rilisnya mini album Kenduri terselenggara di bulan Juni ini. Saat merilis single perdananya, Ati Bolong, pada 2020 lalu, Rara Sekar sempat mengungkapkan bahwa kehadiran Hara merupakan sebuah sarana bagi dirinya untuk tetap aktif melakukan eksperimen dalam berkarya di ranah. Kehadiran Hara juga diakui mampu membuka peluang baik bagi diri Rara Sekar atau rekan industri kreatif lainnya untuk dapat melangsungkan berbagai bentuk kolaborasi lintas medium. 

Single perdana yang dirilis oleh Rara Sekar untuk Hara merupakan sebuah sebuah lagu daur ulang dari sebuah tembang Jawa berjudul Ati Bolong. Lagu yang didaur ulang oleh Rara Sekar tersebut merupakan karya asli dari Ki Slamet Gundono. Sang pencipta tembang Jawa tersebut merupakan seorang dalang wayang suket asal Tegal. Tembang Ati Bolong diaransemen serta dinyanyikan kembali oleh Rara Sekar berdasarkan interpretasi yang dipahami oleh sang musisi sebagai Hara. 

Meskipun sudah mengenal dan memahami tembang Jawa tersebut, awalnya Rara Sekar tidak pernah terpikir bahwa dirinya akan melakukan aransemen kembali tembang karya Ki Slamet Gundono tersebut. Bisa dibilang Rara Sekar sempat enggan untuk melakukan aransemen ulang demi proyek pertama Hara. Pasalnya, menurut Rara Sekar secara pribadi, tembang tersebut merupakan sebuah tembang yang sakral dan lekat akan tradisi yang kental. Namun karena kedekatan yang dimiliki oleh sang musisi dengan lagu Ati Bolong, Rara Sekar merasa tembang karya Ki Slamet Gundono ini seakan memanggilnya untuk dapat diperkenalkan kembali agar bisa dinikmati oleh khalayak yang lebih luas jangkauannya. Informasi mengenai perilisan lagu perdana dari proyek terbaru Rara Sekar tersebut diunggah melalui akun Instagram resmi Hara, yaitu @haramusik. Pada posting-an tersebut, Rara Sekar sebagai Hara juga mengungkapkan harapannya agar tembang Jawa sakral yang dirinya aransemen ulang tersebut bisa diterima dan dinikmati, serta menggugah hati orang banyak. Sebagaimana lagu tembang tersebut berhasil menggugah hati Rara Sekar untuk kembali mempopulerkannya kepada masyarakat yang lebih luas.

 

Image courtesy of Hara

0 COMMENTS