Record Store Day 2020

Rayakan Record Store Day, Penggemar Musik Bisa Tetap Beli Rilisan Fisik Secara Online

  • By: YAS
  • Senin, 20 April 2020
  • 1710 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Gelaran tahunan yang merupakan pesta bagi para penikmat rilisan fisik, Record Store Day, resmi ditunda di tahun 2020 ini. Masih mewabahnya pandemi menjadi alasan terbesar yang diambil oleh para pihak terkait.

Record Store Day sendiri biasanya diselenggarakan pada pekan kedua dan ketiga bulan April serempak di seluruh negara. Kini, tagar #RSDFillTheGap ramai muncul di media sosial yang merupakan bentuk dorongan para penggemar musik untuk tetap membeli rekaman dalam format fisik sebagai salah satu bentuk perayaan acara Record Store Day.

Tidak hanya itu, #RSDFillTheGap di beberapa negara juga diramaikan untuk mendukung toko-toko piringan hitam, cd atau kaset yang terkena imbas dari wabah virus COVID-19, terutama di bagian perputaran roda ekonomi mereka.

The Big Moon, grup band asal London yang dikepalai oleh Juliette Jackson, yang juga menjadi duta Record Store Day Inggris, mulai buka suara. "Kita semua berharap untuk kembali lagi ke dunia yang normal dan berbagi ruang dengan sesama manusia lagi," buka mereka.

"Jika musik dan toko-toko rilisan adalah bagian dari hidup kalian, dan kalian mempunya sesuatu yang lebih dan bisa digunakan untuk berbelanja, tolong tetap mendukung mereka sehingga mereka bisa tetap ada kalian ketika semua kegilaan ini berakhir dan dunia mulai berputar lagi," lanjut The Big Moon yang diwakili oleh Juliette Jackson.

Bagi beberapa toko rekaman independen, momen Record Store Day seringkali menjadi hari dimana dagangan mereka laku keras dan menyentuh angka penjualan yang tinggi setiap tahunnya. Kini, dengan kondisi yang masih tak menentu seperti ini, toko-toko tersebut harus menutup kegiatan operasional mereka. Beberapa diantara memilih untuk tetap berjualan CD dan piringan hitam secara online, agar pemasukan tetap berjalan dan toko pun bisa terus berjalan.

Di Inggris sendiri, para penikmat rilisan fisik bisa mengakses situs Official Charts untuk menemukan toko-toko apa saja yang paling dekat berada dengan lokasi mereka berada saat ini.

"Record Store Day adalah acara di seluruh dunia yang melibatkan ribuan orang dan usaha-usaha kecil. Dalam diskusi kami selama beberapa minggu terakhir, ketika informasi datang dan berubah setiap hari setiap jam, kami telah mempertimbangkan semuanya saat kami membahas berbagai opsi.

Tidak ada solusi yang sempurna. Tidak ada jawaban yang mudah. Kami telah memutuskan bahwa yang terbaik dari semua gerakan yang mungkin kami ambil adalah mengubah tanggal." terang asosiasi Record Store Day Inggris tentang pernyataan di situs resmi mereka.

Bila kondisi pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia ini akan mereda, Record Store Day Inggris berencana untuk menunda gelaran Record Store Day 2020 ke bulan Juni mendatang. Namun, semua hal masih dapat berubah dan menyesuaikan dengan keputusan pemerintahan di sana terkait izin keramaian.

0 COMMENTS