David Bowie

Rayakan Setengah Abad Apollo 11, Video Klip 'Space Oddity' Dirilis Ulang

  • By: NTP
  • Kamis, 25 July 2019
  • 323 Views
  • 6 Likes
  • 2 Shares

Video klip remix nomor klasik David Bowie, “Space Oddity” dirilis ulang, bertepatan dengan ulang tahun ke-50 misi pendaratan kapal ulang alik Apollo 11 ke bulan.

Remix “Space Oddity” versi 2019 digarap oleh produser langganan Bowie, Tony Visconti. Video klip single ini juga menampilkan cuplikan ulang tahun ke-50 Bowie saat konsernya di Madison Square Garden, New York, pada 1997.

Cuplikan singkat klip single tersebut disutradarai dan dikoreografi oleh Edaord Lock yang tampil sebagai latar panggung di tur Sound and Vision tahun 1990.

Video klip ini sudah ditayangkan pada 20 Juli lalu di The Kennedy Center, Washington, bertepatan dengan ulang tahun ke-50 pendaratan bersejarah Neil Armstrong dan Buzz Aldrin. “Space Oddity” pertama kali dirilis dengan momen tersebut.

Selain dirilis dalam format video klip, remix “Space Oddity” akan dirilis dalam format piringan hitam tujuh inci ganda melalui Parlophone.

Selain itu, paket remix “Space Oddity” akan memuat poster dua sisi yang menampilkan iklan asli single ini dan foto Bowie yang diabadikan oleh Ray Stevenson di London Palladium pada 30 November, 1969.

Rilisan ini juga disertai dengan kartu info dan foto alternative yang dipotret oleh Jojanneke Classen dari sesi promosi single “Space Oddity”.

Menurut manajer Bowie saat itu, Kenneth Pitt, ia merasa bahwa solis asal London ini telah menciptakan karya spesial saat merekam “Space Oddity”.  Lagu ini direkam saat rehat dari pengambilan gambar pada 2 Februari 1969.

Sementara, karakter ikonik ciptaan Bowie, Major Tom didasarkan dari Dr. David Bowman (Keir Dullea) di 2001: A Space Odyssey garapan Stanley Kubrick. Bowie mulai menulis single ini enam bulan setelah menonton film yang terbit di Britania Raya pada Mei 1968.

“Lagu ini ditulis karena saya sangat terpukau saat menonton film 2001: A Space Odyssey,” ujar Bowie pada majalah Performing Songwriter di tahun 2003.

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    David Bowie LEGEND

Info Terkait

superbuzz
159 views

5 Sutradara Video Klip Terkeren

superbuzz
78 views
superbuzz
452 views