Dr Martens x CBGB

Rayakan Ulang Tahun ke-60, Doc Mart Lepas 'Boots' Edisi CBGB

  • By: NTP
  • Selasa, 4 February 2020
  • 758 Views
  • 3 Likes
  • 1 Shares

Produsen sepatu ikonis asal Britania Raya, Dr. Martens baru-baru ini merayakan hari jadi ke-60 dengan melepas koleksi khusus. Dikenal sebagai sepatu pilihan pekerja dan subkultur seperti skinhead, mods, serta punk, Doc Mart merilis boots khusus dengan desain bar punk rock legendaris New York era 70-an, CBGB.

Produsen sepatu ini mengeluarkan seri tribute CBGB dengan dua desain berbeda di model boot 1460. Boot pertama menampilkan logo legendaris bar tersebut, CBGB & OMFUG, sebuah akronim panjang yang hampir tak berhubungan dengan punk rock: Country, Bluegrass, Blues And Other Music For Uplifting Gormandizers.

Sementara boot kedua menampilkan desain abstrak di sekujur seri 1460, lengkap dengan palet warna-warni yang dihasilkan dari arsip foto CBGB dan memiliki pola besar seperti tengkorak.

“CBGB punya tembok toilet yang sangat keren, lengkap dengan grafiti dari masing-masing band yang pernah tampil atau melewati bar ini. Seiring waktu berjalan, grafiti tersebut terkelupas, perlahan mengering dan akhirnya mengungkap rahasia di baliknya, ini adalah suatu karya seni tersendiri. Desain kami terinspirasi dari proses tersebut,” ujar Doc Mart melalui siaran pers.

Bar yang juga dikenal sebagai CB’s ini bertempat di Bowery, New York City dan sudah dikenal sejak awal 70-an sebagai konsentrasi komunitas punk di kota tersebut. Beberapa band legendaris seperti Ramones, Blondie, Talking Heads, serta banyak unit punk rock asal Britania Raya. Tak terputus, generasi setelahnya seperti Bad Brains, Cro-Mags atau Agnostic Front pun sempat menjadi penghuni setia CBGB.

Di era 80-an, CBGB juga berperan sebagai rumah komunitas dan scene hardcore, serta mempopulerkan berbagai sound-subkulture yang saat itu masih muda seperti Youth Crew atau crossover hardcore. Di dekade berikutnya, CB’s pun berperan besar dalam pelebaran sayap kancah indie rock bawah tanah asal Seattle atau wilayah Midwest.

Bar ini akhirnya berhenti beroperasi pada 2006, setelah sengketa soal uang sewa memaksa tempat ini untuk gulung tikar. Akhirnya, tempat sewaan CBGB saat ini dihuni oleh butik John Varvatos.

“CBGB dikenal sebagai tempat kelahiran punk rock! Beberapa band legendaris seperti Ramones, Blondie dan Patti Smith pernah tampil di sana. Tempat itu mewakili orang-orang yang berani berekspresi, sebagai brand, hal-hal itulah yang menjadi prinsip kami dan akan terus kami dukung,” tutup Doc Mart.

2 COMMENTS
  • anggawahyudi730@gmail.com

    Brapa ini bg cara pemesanan gmn..?

  • anggawahyudi730@gmail.com

    Brapa ini bg

Info Terkait

superbuzz
39 views
superbuzz
83 views
superbuzz
217 views
superbuzz
311 views
superbuzz
220 views