Reality Club Rilis Single Pertama di 2021 “I Wish I Was Your Joke”

Reality Club Rilis Single Pertama di 2021 “I Wish I Was Your Joke”

  • By:
  • Rabu, 14 April 2021
  • 83 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Reality Club akhirnya melepas karya perdana mereka di tahun 2021. Unit indie asal Jakarta ini merilis lagu baru berjudul I Wish I Was Your Joke. Sebagai lagu debut di tahun ini, Reality Club tidak sendirian.

Band yang digawangi oleh Fathia Izzati (vokal), Faiz Novascotia Saripudin (gitar/vokal), Nugi Wicaksono (bass), Iqbal Anggakusumah (gitar), dan Era Patigo (drum) tersebut menggandeng solois Tanah Air, Bilal Indrajaya, di lagu I Wish I Was Your Joke.

Tak sampai di situ, Reality Club juga menggandeng pemain violin kenamaan Indonesia, Chicha Azhari, untuk mengisi bagian strings quartet. Untuk urusan mengolah musik, lagu Reality Club termutakhir ini diproduseri oleh Wisnu Ikhsantama.

Baca juga: Reality Club Sajikan Versi Asli dan Remix Lagu ‘The Rush’ di EP Baru

Lagu yang mendarat tepat pada 26 Maret lalu ini mengangkat tema tentang hubungan. Sederhananya, lagu ini mengusung kisah budak cinta (bucin) dan bercerita tentang seseorang yang rela tidak diakui dan diperlakukan buruk oleh gebetannya, asal bisa terus bersama.

Di single baru ini, Reality Club juga kembali mengusung nuansa rock yang dibalut dengan aransemen strings quartet, selain itu Reality Club menunjukkan eksplorasi dan peningkatan yang cukup serius baik dalam warna maupun kualitas bermusik di tahun keempat kariernya.

“I Wish I Was Your Joke adalah lagu tentang jatuh cinta dengan seseorang sehingga Anda tidak keberatan menjadi cadangan atau pilihan hanya untuk bersama mereka,” jelas Dominion Records dalam siaran pers dilansir NME.

"Sama seperti lelucon yang Anda gunakan saat Anda tidak bisa memikirkan hal lain, Anda ingin menjadi pilihan orang ini saat dia tidak bisa memikirkan orang lain," lanjut mereka.

Reality Club sudah mencicil informasi untuk single baru ini sejak Maret lalu di unggahan sosial media mereka. Mulai dari poster, teaser, dan trailer video musik selayaknya perilisan sebuah film.

Selain merilis single dalam format audio, Reality Club juga menyiapkan video musik untuk single “I Wish I Was Your Joke” ini. Dengan konsep yang lebih sinematik, video musik ini menampilkan seorang Faiz (vokal/gitar) sebagai pemeran utamanya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Reality Club (@realityclub)

Menjadi debutnya dalam berakting, emang penampilan Faiz masih terlihat canggung. Tapi dibantu dengan konsep teal nan sinematik ini berhasil bikin pesan dapat tersampaikan kepada penonton. 

Karya baru dari Reality Club menyusul EP baru mereka yang dilepas pada September 2020 bertajuk The Rush and Other Vices. EP terbaru ini memuat tiga lagu di dalam repertoarnya; ada “The Rush” (versi album), “The Ultimate Rush” (versi orisinal) dan “The Rush Remix” yang turut menampilkan musisi hip-hop/RnB lokal, Basboi.

“Tiga lagu dengan tiga genre berbeda ini sengaja disajikan sebagai hasil eksplorasi bermusik yang lebih luas,” tulisnya, dilansir dari rilisan pers.

Membahas lagunya, dikatakan bahwa, “’The Rush’ adalah lagu tentang perjuangan seorang pria dengan kecanduan batinnya pada hal-hal berbahaya yang memicu adrenalin; seperti berjudi, merokok, minum-minum, bahkan memakai obat-obatan terlarang.”

Lagu yang ditulis oleh gitaris Iqbal Anggakusumah ini mulanya digubah dengan aransemen glam metal era 80-an, namun dirombak agar sesuai dengan album yang mendarat Agustus tahun lalu itu. Dalam EP ini, versi asli lagunya pun disajikan melalui track “The Ultimate Rush”.

“’The Ultimate Rush’ adalah lagu ter-classic rock dari Reality Club yang sejauh ini pernah dirilis. Dengan referensi dari band rock klasik di akhir tahun 80-an dan awal tahun 90-an seperti Mötley Crüe, Reality Club berhasil menonjolkan power khas musik rock yang melonjak dari awal hingga akhir. Kita benar-benar dibuat merasakan adrenaline rush hanya dengan mendengarkan lagunya,” ungkap mereka.

Terakhir adalah versi remix-nya, yang mana melibatkan kolaborasi dari Reality Club dengan Make Friends Not Enemies dan Basboi. Lagu ini di-remix oleh HNATA, Goonz, dan Rino yang memberikan sentuhan west coast hip-hop era 90-an. Darinya, Basboi seakan diberikan ruang untuk melepas rimanya.

Reality Club sendiri dibentuk pada 2016. Adalah Fathia Izzati yang menjadi sosok sentral Reality Club sebagai vokalis utama. Dia merupakan konten kreator yang sering mengcover lagu untuk diunggah di YouTube. Perempuan kelahiran 1994 ini mulai membangun channel YouTube-nya pada 2011. Hingga artikel ini dibuat, ia telah memiliki lebih dari 600 ribu pengikut.

Salah satu hit Reality Club adalah Is It The Answer? yang berhasil mengantarkan mereka menjadi nominasi dua penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2018 sebagai Pendatang Baru Terbaik dan Karya Produksi Alternatif/Alternatif Rock Terbaik.

Beberapa festival besar juga sudah mereka jajal sejak perilisan single pertama. Reality Club mulai memperluas jangkauan pendengar mereka sejak tahun 2019 melalui showcase di berbagai negara seperti Tokyo Jepang, Malaysia, Singapura, dan Jeddah. Reality Club juga merupakan salah satu dari dua band perwakilan Indonesia yang terpilih dan dijadwalkan untuk tampil di South By Southwest (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat.

0 COMMENTS