Rock and Roll Hall of Fame: Resmi Melantik Musisi Angkatan 2017

  • By: OGP
  • Rabu, 21 December 2016
  • 2127 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebagian orang mungkin bermusik untuk mengekspresikan diri, membawa pesan, ada yang juga untuk mengejar prestasi atau bahkan karena dorongan faktor ekonomi. Namun musisi sejati secara tidak langsung pasti meninggalkan warisan bagi generasi selanjutnya, dan tentu saja dedikasi ini layak mendapatkan acungan jempol dan apresiasi setinggi-tingginya. Penghormatan yang menjadi penanda atas pengarus vital mereka di blantika musik dunia. Lewat jasa sang idola, pola musik yang sebelumnya tergolong konvensional akan berubah, dikarenakan pergerakan evolusi musik yang tersebar hingga ke seluruh dunia. Seperti yang terjadi di industri musik masa kini. Di antara berbagai penghargaan yang diberikan bagi musisi yang berpengaruh setiap tahunnya, salah satu pengakuan tertinggi di kancah musik modern terwakilkan dengan penghargaan pretisius Rock and Roll Hall of Fame.

Di periode angkatan 2017, Rock and Roll Hall of Fame kali ini secara resmi melantik deretan musisi hebat, sebut saja – Pearl Jam, Joan Baez, Tupac Shakur, YES, JOURNEY hingga Electric Light Orchestra untuk turut meramaikan gemerlap ajang bergengsi di dunia rock. Seremoni pelantikan akan digelar secara megah di Brooklyn’s Barclays Center pada 7 April 2017 mendatang. Namun tak sembarang artis bisa lolos seleksi, karena terdapat beberapa persyaratan khusus bagi para nominator agar layak dipilih. Setidaknya mereka yang telah didaulat, harus melewati rentang waktu 25 tahun selama masa bakti di industri musik setelah album pertama rilis. Tidak heran, beberapa nama musisi mungkin sudah mangkat dan hanya meninggalkan karya yang melegenda.

Di sisi lain, sang gitaris unit rock progresif YES, Steve Howe menyatakan suka citanya menyambut pelantikan bergengsi kepada bandnya itu. Dirinya mengaku sangat terhormat turut ambil bagian menjadi bagian dari sejarah musik rock bersama kelompok musiknya. Ia juga berterima kasih kepada penggemar setia yang tetap bergairah selama beberapa dekade menemani serta membantu YES untuk tetap berkibar kencang.

Di Rock and Rock Hall of Fame 2016 lalu, sempat merebak kontroversi ketika grup rap N.W.A dilantik di ajang tersebut. Gene Simmons yang dikenal luas publik sebagai pentolan band KISS, mengaku tak seharusnya genre hip hop masuk ke dalam ajang yang ditujukan teruntuk musik rock. Walau begitu, Ice Cube tetap bersikeras bahwa skena hip hop tetap mewakili semangat dari rock and roll. Mungkin apa yang dikatakan oleh Cube ada benarnya. Transformasi rock and roll tak melulu berdasar pada frasa ‘rock’, namun secara harfiah harus tetap merepresentasikan energi dan etos dari rock and roll itu sendiri. Oleh karena itu, jangan kaget jika tahun 2017 nama Tupac Shakur muncul di jajaran bakal penerima penghargaan Rock and Roll Hall of Fame.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
127 views
superbuzz
127 views
superbuzz
127 views
superbuzz
127 views
superbuzz
127 views
superbuzz
127 views