YouTube

Restorasi Segudang Video Klip Klasik di YouTube

  • By: NND
  • Selasa, 25 June 2019
  • 1062 Views
  • 8 Likes
  • 107 Shares

Pihak YouTube Music dan Universal Music Group, telah mengumumkan inisiasi mereka untuk menerapkan remaster terhadap sejumlah video klip paling ikonis dan prominen. Memakan waktu setahun kedepan, mereka telah merencanakan bahwa mereka akan menerapkannya kepada hampir 1.000 video klip, dengan judul baru yang masuk setiap minggunya. Jejeran musisi paling pertama yang akan menerima restorasi/remaster ini adalah Beastie Boys, Janet Jackson, Lady Gaga, dan Tom Petty, serta "Smells Like Teen Spirit" milik Nirvana.

Banyak dari video-video klasik tersebut dibuat dengan format-format yang sekarang sudah "ketinggalan jaman", sehingga menghasilkan kualitas video dan audio yang tidak maksimal untuk layar-layar high-definition (HD) yang kerap dijumpai sekarang. Dilakukannya restorasi terhadap video-video ini berarti membuat ulang keutuhannya menggunakan materi-materi yang ada dari format orisinal mereka—sebuah proses yang membutuhkan usaha pengarsipan yang sangat detail, menurut pihak New York Times.

"Kita memiliki sumber-sumber mulai dari film orisinalnya, hingga Digibeta, HDCAM, sampai one-inch Cs dan Betacam SPs dan D2s--dan format yang mereka gunakan untuk merekam, bukanlah format yang digunakan saat di-edit," tutur Barak Moffitt, selaku eksekutif presiden bagian konten dan operasi dari Universal, kepada pihak New York Times.

"Ketika warna-warna kotor itu sudah berhasil diangkat, video-video ini terasa menjadi lebih vital," papar Billy Idol, yang sejauh ini sudah memiliki enam video klipnya di remaster. "(Restorasi) memberikan para video ini sebuah kesempatan untuk bisa melawan kualitas moderen yang ada di era sekarang. Dan saya selalu pada umur yang kala itu direkam, ketika berada di dalam video tersebut—itu sangatlah fantastis."

Coba simak hasil remastered dari "Sabotage" milik Beastie Boys, di bawah ini:

2 COMMENTS
  • Yumna37

    bagus dong, biar lebih berkualitas videonya

  • dephythreehandoko

    kualitas video harus ditingkatkan

Info Terkait

superbuzz
116 views
superbuzz
329 views
superbuzz
257 views
supershow
645 views