Rilis Lagu Baru The Voidz, Julian Casablancas Jajal Profesi Jadi Penyiar Radio

Rilis Lagu Baru, Julian Casablancas Jadi Penyiar Radio

  • By:
  • Jumat, 22 January 2021
  • 322 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Industri kreatif selalu menghadirkan kemudahan dan keuntungan bagi para pelakunya dalam berkarya. Salah satu keuntungan berada dalam ekosistem industri kreatif adalah lahirnya sebuah kolaborasi lintas genre dan platform. Keuntungan tersebut juga dirasakan oleh Julian Casablancas. Pentolan grup band The Strokes dan kreator dari The Voidz ini baru saja memperkenalkan lagu baru untuk proyek musiknya bersama The Voidz melalui salah video game online yang cukup populer di seluruh dunia.

Untuk karya terbaru dari The Voidz, Julian Casablancas merilisnya melalui platform video game daring, Grand Theft Auto (GTA) Online. Melalui video game tersebut, Julian Casablancas merilis lagu baru dari The Voidz berjudul Alien Crime Lord. Untuk lagu baru dari The Voidz tersebut, Julian Casablancas mengaku bahwa dirinya mendapatkan inspirasi dari sosok seorang aktor legendaris, Jean Claude Van Damme. Julian Casablancas ingin lagu baru dari The Voidz ini bisa menggambarkan betapa kerennya aksi laga Jean Claude Van Damme yang sedang mengendarai motor di kecepatan yang sangat tinggi sambil menembakkan peluru ke arah lawannya dengan latar belakang ledakan khas Hollywood yang fenomenal.

Selain merilis lagu untuk The Voidz, Julian Casablancas juga mendapatkan kehormatan untuk memiliki stasiun radionya sendiri di dalam video game GTA Online. Stasiun radio bernama Low Power Beach Radio jadi tempat pertama bagi para penggemar The Voidz sekaligus Julian Casablancas bisa mendengarkan lagu Alien Crime Lord untuk pertama kalinya. Tidak berhenti di situ, Julian Casablancas juga berperan sebagai seorang kurator untuk memilih daftar lagu yang sesuai pada Low Power Beach Radio agar para penikmat video game tersebut mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. 

Selain Alien Crime Lord dari The Voidz, Julian Casablancas juga mengisi stasiun radio miliknya di GTA Online dengan lagu-lagu dari alms Trax, Moodymann, Keinemusik, Burna Boy, MF DOOM, BADBADNOTGOOD, Tierra Whack, Moodymann, dan Flying Lotus featuring Mac Miller Tidak hanya melakukan promosi untuk The Voidz, Julian Casablancas juga memiliki rencana untuk mengundang Mac Demarco dan David Cross untuk hadir sebagai pengisi acara di Low Power Beach Radio. Salah satu alasan mengapa Mac Demarco dipilih sebagai salah satu pengisi acara radio milik Julian Casablancas adalah hubungan baiknya antara sang musisi dengan The Voidz. Proyek musik elektronik milik Julian Casablancas tersebut pernah jadi kolaborator untuk beberapa karya garapan Mac Demarco, seperti Did My Best dan The Eternal Tao. The Voidz juga mempromosikan Alien Crime Lord secara konvensional melalui acara televisi di Amerika Serikat, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, untuk memperkenalkan lagu tersebut kepada audiens yang lebih luas dan beragam.

Sedikit sejarah tentang The Voidz, Julian Casablancas membentuk band baru di luar The Strokes karena memiliki chemistry yang baik dengan para session player yang sempat membantunya saat tur untuk mempromosikan album solo milik musisi asal New York tersebut, Phrazes for the Young di rentang tahun 2009 hingga 2010. Selain Julian Casablancas yang berperan sebagai kreator dan vokalis, The Voidz dilengkapi oleh kehadiran Jeramy "Beardo" Gritter (gitar), Amir Yaghmai (gitar), Jacob "Jake" Bercovici (bass, synthesizer), Alex Carapetis (drums), dan Jeff Kite (keyboards). 

Sebelum resmi menggunakan nama The Voidz, band ini lebih dulu dipromosikan menggunakan nama Julian Casablancas + The Voidz dan masuk ke dalam roster untuk label rekaman milik Julian Casablancas, Cult di tahun 2013. Setelah berhasil memiliki label rekaman, The Voidz mendapatkan kesempatan untuk tampil di sebuah pekan kebudayaan internasional di Texas, Amerika Serikat bernama SXSW. Setelah cukup berhasil menarik minat para penikmat musik yang datang dari seluruh dunia pada gelaran tersebut, The Voidz pun mulai melakukan tur konser di berbagai festival musik bergengsi belahan dunia, seperti Lollapalooza di Chile, Brazil, and Argentina, Coachella di Amerika Serikat, Festival Estéreo Picnic di Kolombia, Governor's Ball New York, hingga Primavera Sound di Barcelona, Spanyol yang berkisar pada tahun 2014 hingga tahun 2015. Di waktu yang bersamaan pada tahun 2014, The Voidz pun berhasil merilis album pertama berjudul Tyranny. Minimnya daftar lagu yang dimiliki The Voidz secara kolektif, membuat band tersebut kerap kali menggabungkan songlist mereka dengan karya-karya yang ditulis oleh Julian Casablancas, seperti lagu-lagu yang diambil dari proyek solo sang musisi, karya dari The Strokes, sekaligus beberapa karya kolaborasi sepanjang karier Julian Casablancas bersama musisi lainnya setiap tampil di atas panggung.

4 tahun setelah merilis album pertamanya, The Voidz kembali merilis album berjudul Virtue. Untuk album keduanya ini, The Voidz merilis Virtue di bawah label rekaman RCA Records namun tetap mendistribusikannya melalui Cult milik Julian Casablancas. Proses distribusi tersebut bisa terjadi karena label rekaman milik Julian Casablancas tersebut merupakan sebuah afiliasi dari RCA Records, sehingga secara teknis RCA Records memiliki andil yang sama untuk keperluan dari The Voidz. 

Hingga saat ini, Julian Casablancas dikenal cukup aktif dan dinamis untuk membagi ide kreatifnya untuk kebutuhan The Strokes, The Voidz, serta proyek solo miliknya. Ketiga persona musikalitas yang dimiliki oleh Julian Casablancas juga memiliki konsep yang berbeda sehingga tidak menimbulkan konflik baik secara internal atau bagi para penikmat musiknya. Selain merilis single terbaru untuk The Voidz, Julian Casablancas bersama The Strokes juga kembali merilis sebuah album baru untuk The Strokes berjudul The New Abnormal di tahun 2020 lalu.

0 COMMENTS