Rilis Single Pertama Bertajuk “Reprise”, Ruang Kendali Mengajak Pendengar Berdamai

Rilis Single Pertama Bertajuk “Reprise”, Ruang Kendali Mengajak Pendengar Berdamai

  • By:
  • Senin, 7 December 2020
  • 564 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Di masa pandemi Covid-19 ini, semakin banyak band atau penyanyi yang berlomba-lomba membuat karya lewat lagu dan mempromosikannya melalui sosial media. Semua bisa diakses dengan mudah serta digandrungi oleh para generasi. Bisa dijangkau oleh masyarakat di seluruh dunia, sehingga band atau penyanyi tersebut dapat terkenal dan karyanya patut diapresiasikan. Tidak mudah untuk membuat lagu atau mengaransemen musik. Sehingga, perlu adanya pengalaman dan banyaknya jam terbang.

Ruang Kendali, band indie asal Indonesia, tepatnya di Malang, Jawa Timur. Merilis single pertamanya bertajuk “Reprise”. Bisa didengar di semua platform musik digital, yaitu JOOX, Spotify, Apple Music, deezer, dan YouTube. Genre alternative rock yang Ruang Kendali geluti ini bernuansa 90an sampai 2000an. Benang merah dari Basement, Citizen, Movement & Title Fight menghasilkan warna dari Ruang Kendali. Band ini terdiri dari Abdullah ‘Abink’ Bilbas (Vokalis), Andrian ‘Rian’ Adianto (Gitar 1), Bimo Donoseputro (Gitar 2), Ditra Tryasniansa (Bass), dan Andhi Wicaksono (Drum). Untuk menggarap single ini, juga dibantu oleh Deny Pigawahi (Producer dan Engineer) dan Taufik (Engineer Mixing Mastering).

Seperti halnya lirik yang ditulis Ruang Kendali - Reprise, menyiratkan jika hidup di dunia, juga butuh waktu jeda. Jeda untuk diri sendiri, dan membiarkan setiap hal terjadi begitu saja tanpa kita harus menentang. Ruang Kendali memberikan pesan damai di lirik lagu ”Reprise”.

Ruang Kendali memiliki ciri khas unik tersendiri, di mana ada sound gitar dan bagian riff yang menarik, sehingga patut menjadi sorotan. Lewat lirik lagunya yang memiliki arti terdalam, yaitu menceritakan tentang seseorang yang mengalami kejadian traumatis dan semua keadaan di hidupnya berubah. Dengan melihat dunia secara negatif, dia tetap berusaha memulihkan perubahan yang terjadi. Dalam perubahan ini, dia akan berpikir dapat memengaruhi segala sesuatu di sekitarnya. Gagal, sering terjadi. Hingga waktunya tiba dia dapat menerima perubahaan tersebut dan mencoba untuk mengabaikan semuanya. Sangat relate di kehidupan saat ini ketika semua hal datang secara tiba-tiba, namun manusia harus bisa beradaptasi, bukan untuk melawan. Berdamai dengan keadaan dan diri sendiri, menerima apa yang datang, dan tentu tetap ada harapan bahwa hal tersebut akan pulih dengan sendirinya. Akan ada waktu di mana kita harus lanjut dengan kehidupan selanjutnya.

Melansir dari musikeras.com, Rian mengatakan bahwa dari lagu yang dibuatnya ada berbagai macam inspirasi dan ide yang dapat diambil untuk menciptakan single pertama Ruang Kendali - Reprise. 

“Dari riff tersebut lalu dikembangkan menjadi lagu dengan berbagai macam inspirasi yang telah saya dengarkan. Dari Bimo sendiri yang membawa influence Turnover dan American Football ke sini,” ungkap Rian kepada MUSIKERAS, mewakili rekan-rekannya di band.

Semenjak pandemi Covid-19, Ruang Kendali banyak mendapatkan perubahan kebiasaan, yaitu dimulai dari mengatur waktu untuk bertemu secara langsung dengan tim, proses rekaman yang sangat cepat dari biasanya, harus tetap menjaga protokol kesehatan, dan lain-lain. Dalam proses pembuatan lagu Reprise, dilakukan secara perlahan. Dibuat oleh Rian (Gitar 1), dilanjutkan oleh Bimo (Gitar 2) yang mengisi lead gitar, Ditra (Bass) membuat perumusan lirik, dan Abink (Vokalis) yang membuat nada vokal.

“Tempat rekaman kami berada di Sivearts Studio, di mana kebetulan kami juga cukup dekat dengan pemiliknya. Untuk proses rekaman cukup cepat, tidak sampai sehari, melihat dari jadwal shift yang dipakai. Jadi hemat!” ujar salah satu personil Ruang Kendali. 

Selain merilis single pertamanya, Ruang Kendali juga menggarap music video yang dirilis pada 6 November 2020 lewat aplikasi streaming YouTube. Dari proses berjalannya menciptakan lagu dan membuat music video, banyak pelajaran positif yang bisa diambil dalam membuat karya. Segala kerja keras dan upaya dalam tim membuat suatu pencapaian dengan hasil yang maksimal. Dari segi kualitas mixing dan mastering-nya harus diperhatikan, banyak yang memberikan saran atau pendapat untuk melengkapi proses pembuatan lagu Reprise. Apalagi, strategi marketing dan campaign yang wajib banget diatur oleh pihak Ruang Kendali.

Dari lagu Reprise yang dirilisnya, akan menjadi awal di mana Ruang Kendali bisa membuat karya-karya yang lebih banyak lagi, dan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia bahkan Mancanegara. Rencananya, Ruang Kendali akan membuat single baru lagi yang akan dirilis pada Januari 2021. Jadi, buat yang pecinta band indie alternative rock, kalian wajib banget dengerin Ruang Kendali – Reprise. Lagu ini sangat relate di kondisi sekarang dan pasti akan mewakili pendengar dan tersampaikannya pesan yang dinyanyikan. Available on your favorite music streaming platform everywhere!

Lirik ‘Reprise’

for all the thing i’ve said
it even made you sad
for all the things we’ve done
we’ve been through
still it can’t be true

try to look away
on any disarray
what am i to break and it is

hard to find some light
when your eye has been blind
i’ll wait before it pass
and i feel fine

as i stop and watch
the rain goes by covered up my tainted thought
there’s no reason to be fought
crippled arm and scared into become

hard to find some light
when your eye has been blind
i’ll wait before it pass
and i feel fine

hard to find some light
when your eye has been blind
i’ll wait before it pass
and i feel fine

i feel fine

0 COMMENTS