Robert Plant Tak Suka Gaya Vokalnya di Awal Karier Led Zeppelin

  • By: NTP
  • Senin, 27 November 2017
  • 5619 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Robert Plant baru-baru ini mengatakan ia tak menyukai gaya vokalnya di beberapa lagu awal Led Zeppelin. Dalam wawancara dengan The Guardian pada 2 November lalu, Plant menyadari hal ini saat merekam lagu “Friends”, konser unplugged dan beberapa nomor eksperimental di album III (1970).

“(Saya) menyadari bahwa pembawaan macho dan gagah yang sudah saya lakukan sejak ‘You Better Run’ (lagu tahun 1966 dari band Listen) sepertinya tidak cocok dipakai di lagu lain. Di beberapa lagu seperti ‘Babe I’m Going to Leave You’… vokal saya terdengar buruk. Saya seharusnya diam saja!” ujar Plant.

Pada wawancara tersebut, Plant mengingat periode awal karirnya bersama Led Zeppelin. Ia baru merilis album Carry Fire pada Oktober lalu. Selain membicarakan Led Zeppelin, Plant juga mengingat masa awal popularitas punk rock di Britania Raya dan band favoritnya, The Damned.

“’New Rose’ dan ‘Neat Neat Neat’ (dua hit The Damned) adalah lagu brilian. Mereka sanggap memecundangi raksasa rock seperti Pink Floyd selama beberapa tahun saat itu,” ujar Plant.

[bacajuga]

Plant mengaku terinspirasi untuk menulis album solo sekaligus merambah teritori musik baru karena musik modern dan wawancara Jimmy Page bersama NME, berjudul “Help! The Aged!” Ia tidak ingin berpangku tangan saja dan membiarkan karyanya berhenti di masa lalu.

Sejak momen itu, Plant merekam beberapa album baru. Ia kerap menulis materi baru, bahkan album Raising Sand (2007) silam ia meraih nominasi Album of the Year di ajang Grammy. Pada album ini Plant berkolaborasi dengan penyanyi Alison Krauss.

“Sebetulnya Alison menjadi guru saya di album itu. Ia adalah penyanyi berkemampuan tinggi yang memiliki jam terbang tinggi urusan kolaborasi, dan saat itu saya berpikir, ‘Tolong, saya adalah penyanyi rock, apapun yang saya lakukan’. Namun tentu saja tidak, saya hanyalah seseorang yang menyanyikan lagu,” pungkas Plant.

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    IDOLA

Info Terkait

superbuzz
10181 views
superbuzz
796 views