ROCK, CAMERA, ACTION!: 10 Cameo Paling Menarik dari Musisi Rock

  • By: NTP
  • Jumat, 4 August 2017
  • 2254 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sejak merebaknya popularitas rock n’ roll pada dekade 1950, beberapa band dan musisi rock kenamaan mulai muncul di layar lebar. Eratnya pertalian band dan para sineas di era 60-an, baik dalam kolaborasi soundtrack dan scoring, menjadikan para musisi rock papan atas kerap berakting di beberapa film mereka. Mereka tak hanya muncul di film musikal, tapi juga drama, komedi, horor atau bahkan arthouse. Para musisi ini mengiringi alur cerita, menyihir telinga sekaligus menampilkan karakter yang tak jauh, atau sama sekali dari kepribadian mereka. Jauh dari sekadar pajangan, mereka melengkapi atmosfer film-film di bawah ini.

[bacajuga]

1. The Yardbirds di Blow-up (1966). Sutradara: Michelangeleo Antonioni

Blow-up terinspirasi dari kisah karangan Julio Cortasar, Las Babas Del Diablo. Antonioni awalnya ingin adegan di klub rock yang dibintangi The Yardbirds di film ini dibintangi The Velvet Underground. Namun grup asal New York itu terhalang akibat persoalan visa. Sutradara asal Italia ini akhirnya memilih The Yardbirds (saat itu masih dikperkuat Jimmy Page dan Jeff Beck), yang membawakan “Stroll On”. Pada adegan tersebut, The Yardbirds tampil di hadapan penonton yang terdiam, hingga akhirnya Beck menghancurkan gitarnya karena frustasi dengan amplifier yang tak kunjung stabil.

2. David Bowie di Christiane F (1981). Sutradara: Uli Edel

Naskah Christiane F diadaptasi dari otobiografi Christiane Felscherinow yang diterbitkan tahun 1979. Uli Edel menampilkan kesedihan wabah heroin yang menyapu Eropa pada dekade 70-an akhir dan 80-an awal. Beberapa figuran yang tampil di Christiane F adalah pecandu narkoba dan pelacur. David Bowie terlibat di Christiane F karena ia tengah menjalani sesi rekaman di Jerman pada akhir dekade 70-an. Di film ini, Bowie membawakan “Station to Station” dan mengisi beberapa lagu soundtrack seperti “Helden/Heroes”, “V-2 Schneider”, dan “Warszawa”.

3. Bauhaus, The Hunger (1983). Sutradara: Tony Scott

The Hunger berkisah tentang cinta segitiga antara dokter spesialis tidur dan riset penuaan, dengan sepasang kekasih vampir. Pasangan tersebut adalah David Bowie and Catherine Deneuve. Bauhaus tampil di sebuah klub goth New York, membawakan lagu mereka yang paling ikonis, "Bela Lugosi's Dead". Saat Bauhaus membawakan lagu tersebut, Bowie dan Deneuve tengah mencari mangsa, beberapa punk/goth, yang akan mereka santap di rumah mereka.

4. Nick Cave & the Bad Seeds dan Crime & the City Solution di Wings of Desire (1987). Sutradara: Wim Wenders

Wings of Desire mengisahkan tentang kisah beberapa malaikat yang hidup berdampingan dengan manusia di Jerman. Lewat warna hitam-putih (saat para manusia diiringi malaikat) dan berwarna (saat para malaikat tidak ada), Wenders mengisahkan perjuangan cinta, hidup dan mati di era pra-unifikasi Jerman (Jerman Barat dan Jerman Timur). Pada film ini, Crime and City Solution membawakan “Six Bells Chime”, sementara Nick Cave and the Bad Seeds menampilkan dua lagu, yaitu “The Carny” dan “From Her to Eternity”. Tiga personel dari masing-masing grup tersebut: Nick Cave, Mick Harvey dan Rowland S. Howard adalah anggota band The Birthday Party, asal Australia, yang pindah ke Eropa pada tahun 1980.

5. Cannibal Corpse di Ace Ventura: Pet Detective (1994). Sutradara: Tom Shadyac

Salah satu cameo band metal paling lucu dan mencengangkan adalah saat Cannibal Corpse membawakan lagu legendaris mereka “Hammer Smashed Face” di Ace Ventura: Pet Detective. Pada adegan tersebut, Cannibal Corpse tampil di sebuah klub sementara Ace Ventura (diperankan Jim Carrey) melakukan crowdsurfing di tengah mosh pit yang liar. Namun, baru belakangan ini terungkap bahwa band death metal ini hampir batal tampil di Ace Ventura: Pet Detective karena tengah mempersiapkan tur Eropa.

6. L7 di Serial Mom (1994). Sutradara: John Waters

Film arahan King of Bad Taste ini melancarkan kritikan pedas dan satir pada model karakter June Cleaver. Ia akhirnya membunuh siapapun yang mengganggunya. Serial Mom adalah salah satu film Waters yang paling populer secara komersial dan banyak menuai pujian kritis. Waters juga turut andil menulis lagu “Gas Chamber” yang dibawakan oleh unit punk L7 di film ini. Mereka tampil dengan nama Camel Lips di sebuah adegan konser, di mana Mrs. Sutphin ditangkap dan akhirnya diadili di meja hijau.

7. Ministry di A.I. (Artificial Intelligence) (2001). Sutradara: Steven Spielberg

A.I. mengisahkan tentang perusahaan bernama Cybertronics, yang merancang dan memproduksi robot bermerek Mecha. Pada saat itu, manusia telah punah dan kota-kota pesisir telah dibanjiri laut. Mereka adalah android canggih yang mempunyai pikiran dan emosi layaknya seorang individu. Naskah film ini didasarkan dari cerpen Brian Aldis berjudul Super-Toys Last All Summer Long (1969) dan dikerjakan oleh tim Stanley Kubrick. Sutradara legendaris ini menyerahkan naskah tersebut pada Spielberg hingga tahun 1999. Ministry tampil membawakan “What About Us”, di tengah sekawanan robot yang sedang dihancurkan pada suatu karnaval. Lagu tersebut khusus untuk A.I., video klipnya bahkan disutradarai oleh Spielberg.

8. Coffee and Cigarettes (2003), Sutradara: Jim Jarmusch

Coffee and Cigarettes terdiri dari beberapa cerita pendek, beberapa diantaranya menampilkan empat musisi Iggy Pop, Tom Waits, serta Jack dan Meg White. Segmen Iggy dan Waits, berjudul  Somewhere in California, mengisahkan perayaan mereka berdua yang berhasil berhenti merokok. Mereka merayakan keberhasilan ini dengan merokok dan meminum kopi. Sementara segmen Jack dan Meg White, berjudul Jack Shows Meg His Tesla Coil, mengisahkan tentang Jack yang ingin memamerkan Tesla Coil sambil merokok dan minum kopi. Film ini juga menampilkan rapper RZA dan GZA dari Wu-Tang Clan.

9. Black Rebel Motorcycle Club di 9 Songs (2004). Sutradara: Michael Winterbottom

9 Songs adalah film drama romantis-erotika yang mengisahkan sepasang kekasih pencinta musik. Saat ditayangkan, film ini menuai kontroversi karena menampilkan adegan seks tanpa pemeran pengganti atau trik kamera. Black Rebel Motorcycle Club tampil dua kali di 9 Songs, menandai awal dan akhir hubungan pasangan tersebut. Mereka membawakan dua lagu dari album perdana mereka, “Whatever Happened to My Rock and Roll” dan “Love Burns”. Selain Black Rebel Motorcycle Club, beberapa band serta musisi lain yang turut tampil di film ini adalah Von Bondies, Elbow, Primal Scream, the Dandy Warhols, Super Furry Animals, Franz Ferdinand, dan Michael Nyman.

10. Motörhead di Eat the Rich (1987), Sutradara: Peter Richardson

Eat the Rich mengisahkan tentang seorang pelayan yang bekerja di restoran mewah bernama Bastards. Semakin lama kehidupannya memburuk hingga akhirnya ia dipecat. Pelayan ini kemudian membalas dendam pada orang-orang kaya setelah ia menyaksikan sebuah aksi teror. Film yang disutradarai oleh Peter Richardson ini adalah komedi satir yang kental dengan humor Britania Raya. Motörhead tampil dengan formasi Lemmy Kilmister (bass), Phil “Philthy Animal” Taylor (drum) and Michael “Wurzel” Burston (gitar) di film ini. Selain tampil membawakan “Dr. Rock” di sebuah pesta para politikus, mereka juga menyumbang beberapa lagu dalam soundtrack Eat the Rich.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
127 views
supernoize
850 views
superbuzz
307 views