ROCK READ: Bermimpi Tentang Inggris bersama John Savage

  • By: ERA
  • Rabu, 21 September 2016
  • 1798 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Ingin mencari buku yang mendokumentasikan pergerakan awal musik Punk Rock di daratan Inggris? England’s Dreaming bisa jadi pilihan yang komprehensif. Selaku penulis, Jon Savage (wartawan tabloid musik yang aktif saat ledakan fenomena Punk merebak di Inggris) menjabarkan analisa dan observasi latar sosial, politik serta ekonomi Inggris yang menjadi pemicu pemberontakan generasi muda Inggris melalui ekspresi bermusik mereka.

Mencoba bebas dari sistem feodalisme monarki pasca perang dan struktur sosial kaku serta hipokrit, pergerakan generasi muda Inggris di pertengahan dekade 70an dimulai oleh Malcolm Mc Larren, entrepreneur, provokator, dan kelak menjadi manajer Sex Pistols. Agresif, jujur dan vulgar, tatanan sosial kerajaan Inggris diobrak-abrik serta menjadi musuh masyarakat nomor satu.

Membeberkan secara detil cepatnya pergerakan Punk, kita dapat langsung membaca penuturan langsung dari berbagai tokoh, seperti keempat anggota orisinal Sex Pistols, Joe Strummer (vokalis The Clash), Siouxsie Sioux (vokalis Siouxsie and The Banshees), Caroline Coon (jurnalis dan manajer The Clash), Vivienne Westwood (perancang busana dan pemilik butik Sex) dan tentunya Malcolm Mc Larren sendiri.

Daya tarik utama buku ini ada di cepatnya pergerakan Punk yang dikupas, mulai dari sirkuit klub kecil London medio 1975, menyebar seantero Inggris, hingga melahirkan puluhan band beserta kontroversi publik dalam hitungan bulan. Seperti tempo musiknya, secepat kilat pula Punk menjadi fenomena dunia dan tenggelam selepas tragedi brutal di akhir dekade dengan bubarnya Sex Pistols tahun 1978 serta terbunuhnya Nancy Spungen, kekasih dari Sid Vicious.

Lewat buku England’s Dreaming, selain membaca dokumentasi perjalanan musik Punk, kita juga mempelajari bagaimana Punk Rock merusak wajah dunia, namun di saat bersamaan jujur dan sarat kreatifitas!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
846 views
superbuzz
4236 views
superbuzz
4705 views
superbuzz
3794 views
superbuzz
3978 views