Rest in Beats Nujabes

Saat Musik Nujabes Bergema di Jalanan Kota Tokyo

  • By: NND
  • Senin, 2 March 2020
  • 674 Views
  • 5 Likes
  • 3 Shares

Pada hari Rabu, 26 Februari 2020, daerah paling ramai di Tokyo, yakni Shibuya Crossing, dihias dengan sebuah video apik yang dilatari dengan beats-beats hip-hop "chill" kenamaan milik mendiang Nujabes.

Tentu, bagi mereka yang mendalami halaman hip-hop internasional, Nujabes sudah bukan lagi nama asing. Sebagai salah satu legenda dalam pendar jazz rap, ia kerap memadukan sampling hip-hop dengan jazz, menciptakan tatanan beat yang meskipun terasa minimalis, namun sedap didengar. Rasanya, nama Nujabes pun mampu disejajarkan dengan petinggi-petinggi genre serupa dari Amerika, seperti J Dilla, misalnya.

Setiap tanggal 26 Februari, dunia merayakan kepergiannya yang tragis. Sepuluh tahun lalu, tepatnya pada tahun 2010, produser/DJ asal Jepang ini menjadi korban kecelakaan lalu lintas selepas keluar dari jalan tol Shuto. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa Jun tidak tertolong. Ia dinyatakan meninggal dunia pada hari itu, kemudian dimakamkan di Pemakaman Tama, di Tokyo.

Sekarang, peringatan 10 tahun kepergian Nujabes pun dirayakan dengan pemutaran video di Shibuya Crossing tersebut. Diluncurkan oleh Spotify, video berdurasi tiga menit berjudul "Pray for Nujabes" itu diputar sebanyak sepuluh kali di enam layar besar yang terletak di persimpangan terkenal di Tokyo, Jepang itu.

Hasilnya? beat legendaris Jun Seba lantang terdengar di jalanan teramai Tokyo--menjadi sebuah penghargaan yang masif, yang cocok untuk memperingati karya dan sosok musisi handal pada eranya.

Selain video yang diputar di jalanan kota, Spotify juga mendapuk Toru Hasimoto--seorang editor, DJ, dan produser--untuk mengkurasi dua playlist sebagai penghargaan terhadap Nujabes. Playlist pertama, bertajuk Pray for Nujabes, berisikan 30 track ikonik dari sang proudser.

This is Nujabes sebagai playlist kedua, memuat track-track yang mengisi album Nujabes, seperti Metaphrical Music, Modal Soul, Spiritual State, Luv(sic), Hexalogy, hingga the Samurai Champloo OST, dan lainnya.

Rest in Beats, Jun Seba!

0 COMMENTS