Santamonica Kembali Dengan “Wanderlust” Setelah Satu Dekade Tertidur

Santamonica Kembali Dengan “Wanderlust” Setelah Satu Dekade Tertidur

  • By:
  • Jumat, 26 February 2021
  • 227 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Dalam skena musik independen di pertengahan era 2000-an, nama Santamonica bukanlah nama yang asing untuk di dengar kala itu. Santamonica merupakan proyek musik electro pop berformat duo asal Jakarta yang kala itu cukup berhasil menarik perhatian para penikmat musik independen di zaman tersebut. Santamonica merupakan proyek musik garapan Joseph Saryuf dan Anindita Saryuf yang di era tersebut kerap kali ditemukan tampil di atas panggung di berbagai event musik di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Dalam diskografinya, Santamonica pernah merilis sebuah album pada tahun 2007 dengan tajuk Curiouser and Curiouser di bawah naungan Sinjitos Records. Hingga saat ini, album tersebut merupakan satu-satunya karya yang telah Santamonica rilis.

Sempat tidak terdengar lagi selama lebih dari satu dekade lamanya, di tahun 2021 ini Santamonica hadir kembali ke permukaan. Kembalinya Santamonica kali ini ditandai dengan rilisnya sebuah lagu berjudul Wanderlust. Lagu Wanderlust ini merupakan sebuah karya milik KimoKal yang sempat dirilis pada tahun 2019 dan Santamonica kembali mempopulerkan lagu tersebut dengan sentuhan yang berbeda. Santamonica merilis Wanderlust di bawah naungan label WKNDR.Music yang sudah bisa dinikmati di berbagai layanan musik streaming sejak awal Februari lalu.

Dalam proses pengerjaannya, Santamonica menghabiskan waktu selama 30 hari dalam melakukan aransemen ulang untuk lagu Wanderlust. Dalam waktu tersebut, Santamonica berusaha untuk menghadirkan warna yang berbeda tanpa perlu mengubah karakteristik musik orisinalnya terlalu jauh. Untuk itu, Santamonica menghadirkan sebuah aransemen baru dengan spektrum musik yang lebih luas sekaligus memberikan elemen perkusi yang lebih dominan dari lagu aslinya. Anindita Saryuf juga menghadirkan hal yang berbeda dalam cara menyanyikan lagu Wanderlust ini. Vokalis di dalam tubuh Santamonica tersebut menggunakan teknik vokal yang membuatnya terdengar seakan berbisik namun tetap memiliki penekanan dan artikulasi yang jelas dalam membawakan lagu Wanderlust ini. 

Jika didengarkan secara atentif, arahan kreatif yang hadir melalui gubahan lagu Wanderlust ini bisa jadi indikator terkait warna musik yang ditawarkan oleh Santamonica setelah lama tidak aktif di industri musik Tanah Air. Melalui lagu Wanderlust, terasa perbedaan yang cukup signifikan dari warna musik Santamonica jika dibandingkan dengan karya-karyanya yang tergabung di dalam album Curiouser and Curiouser dulu. Perubahan yang terjadi di dalam warna musik Santamonica ini merupakan buah hasil dari eksplorasi Joseph Saryuf yang selama ini lebih fokus berperan sebagai produser bagi musisi musisi di Tanah Air, sekaligus juga bagian dari Direct Action, proyek musiknya bersama Tyo Nugros. 

Joseph Saryuf dan Anindita Saryuf akhirnya mencoba untuk menemukan ramuan yang pas demi menggarap warna musik baru bagi Santamonica. Kedua personel Santamonica tersebut pun terkesan cukup terbuka dengan perkembangan musik dan terus mencoba hal-hal baru agar bisa diaplikasikan ke dalam arahan baru dari musik duo electro pop ini. Hal ini dilakukan agar Santamonica tidak lagi mengulangi konsep bermusik yang sempat mereka bawakan lebih dari 10 tahun lalu dan menjadikan momen kembali ini jadi lembaran baru bagi perjalanan karier Santamonica.

Kembali hadirnya Santamonica juga dibarengi dengan sebuah harapan. Harapan tersebut diutarakan oleh Anindita Saryuf kepada penggemar setia Santamonica. Sang vokalis berharap agar para penikmat musik Santamonica bisa juga ikut tumbuh bersama duo electro pop asal Jakarta ini dan menikmati perubahan yang mereka tawarkan.

Image courtesy of Santamonica

0 COMMENTS