b-boy battle hobbygrounds2019

Sejarah Breakdance dalam Kultur Hip-Hop

  • By: NND
  • Rabu, 23 October 2019
  • 805 Views
  • 12 Likes
  • 11 Shares

Tentunya, kalian semua pasti tahu, atau paling tidak, pernah dengan istilah breakdance, ‘kan? Nah, sebagai salah satu gaya dansa yang cukup populer dalam street culture, sebentar lagi bakal hadir kompetisi untuk kalian yang doyan nge-break!

SUPERMUSIC mempersembahkan “Super Street”: sebuah zona yang diisi penuh oleh aktivitas seru terkait street culture, dalam rangkaian festival HOBBYGROUND 2019 besutan Kaskus. Festival ini akan digelar di Plaza Barat Senayan di tanggal 2-3 November, bro!

Di dalam Super Street itu, akan diadakan Super B-boy Battle, dan tentunya bakal jadi satu aktifitas yang jangan sampai kalian lewatkan, ya! Pasti bakal ada banyak b-boy dan b-girl yang siap beraksi dengan keahlian mereka masing-masing!

Selain breakdance battle, akan ada pula mix-style dance yang nantinya diperlombakan, di mana para peserta dapat bebas mencampurkan style dance mereka dalam kompetisi itu.

Buat kalian yang jago nge-break, langsung datang dan ikutan, ya. Banyak hadiah menarik yang menunggu para pemenangnya. Buat yang nggak bisa jangan sedih dulu, kalian bisa belajar dari para komunitas yang hadir besok, kok.

Lagipula, cukup nonton para b-boy dan b-girl beraksi juga sudah seru, ‘kan?

Berhubung lagu ngomongin soal breakdance, yuk kita bahas secara singkat sejarah dari breakdance itu sendiri. Dalam tulisan ini, Supermusic.id udah ngerangkum sejarahnya dance yang ikonik dengan street dan hip-hop ini! Langsung aja kalian baca di bawah ini!

***

Breakdance merupakan sebuah istilah yang dipopulerkan oleh media. Ia juga biasa dikenal dengan Breaking, b-girling (perempuan), atau b-boying (laki-laki). Intinya, Breakdance itu merupakan sebuah tarian yang masuk dalam kategori street dance.

Gaya ini berkembang dan berevolusi dari gerakan hip-hop yang dikepalai oleh orang-orang kulit hitam dan latin di Amerika Serikat—terutama di bagian South Bronx, New York di tahun 1970an.

Bisa dikatakan juga bahwa breakdance merupakan salah satu jenis tarian hip-hop yang paling terkenal. Masuk akal, ‘kan? Sudah hampir bisa dipastikan, bahwa kalau lagi ngomongin tarian hip-hop, maka breakdance-lah yang pertama muncul di kepala.

Melacak lahirnya, breakdance itu hadir di jalanan saat para DJ (DJ Kool Herc adalah salah satu pionirnya) memainkan musik yang melantangkan bagian breakdown (atau breaks) sebuah lagu dan mengulangnya—alias loop. Musik yang terdengar menjadi cetakan ritme mentah yang bebas digunakan untuk berimprovisasi dan melakukan mixing lebih lanjut.

Hal tersebut berlaku sama di atas beton jalanan, oleh kaki dan tangan breakers. Dari kebebasan improvisasi itulah breakdance lahir. Pertama muncul di New York, ia ikut tumbuh dan berkembang seiring dengan budaya hip-hop yang memang terkesan dekat karena lahir dari musik yang serupa.

Semenjak awal perkembangannya, breakdancing itu memberikan sebuah ruang konstruksi sosial alternatif yang tak jarang melenceng ke arah kekerasan perang geng. Namun, stigma negatif itu semakin lama memudar.

Saat ini, breakdance telah menjadi sebuah budaya yang identik dengan disiplin yang berada ditengah-tengah antara seorang penari dan seorang atlet. Mungkin karena gerakan-gerakan rumit yang memerlukan kondisi fisik yang cukup kuat.

***

Nah, kurang lebih begitulah sejarah breakdance yang sudah dirangkum. Mengingat tarian ini juga merupakan sebuah budaya yang lahir dari gerakan hip-hop, maka tentunya kalian juga tertarik dengan hip-hop, kan?

Tenang aja! Super Street dalam HOBBYGROUND 2019 juga menyediakan wadah untuk kalian para jagoan di balik microphone itu! Info lebih lanjut? Kalian bisa langsung ke laman resmi HOBBYGROUND 2019 di sini, atau tunggu artikel selanjutnya, ya!

0 COMMENTS

Info Terkait