Selang setahun, Hayley Williams Kembali Merilis Album Solo Terbarunya

Selang setahun, Hayley Williams Kembali Merilis Album Solo Terbarunya

  • By:
  • Selasa, 23 February 2021
  • 136 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tampaknya, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini bukanlah hal yang dapat mengganggu kreativitas dari Hayley Williams. Setelah sempat merilis album solo perdananya di tahun 2020 lalu, di awal tahun 2021 ini Hayley Williams kembali merilis album penuh untuk proyek solonya yang berjudul Flowers for Vases / Descansos. Album kedua dari Hayley Williams ini resmi dirilis pada awal bulan Februari lalu.

Album kedua Hayley Williams yang berjudul Flowers for Vases / Descansos ini sebenarnya merupakan sebuah album yang dianggap sebagai sebuah surprise album di dalam industri musik dunia. Pasalnya, kehadiran album Flowers for Vases / Descansos ini dianggap datang cukup tiba-tiba tanpa adanya development yang menyambut atau menjembatani dari hadirnya album kedua Hayley Williams ini selain album perdananya, yaitu Petals for Armor. Hayley Williams sendiri tidak menganggap album keduanya ini sebagai sebuah karya lanjutan. Malahan dirinya menganggap bahwa Flowers for Vases / Descansos merupakan bagian dari album perdananya tersebut. Bisa dianggap jika Hayley Williams membuat layaknya sebuah universe yang dimulai dari rilisnya Petals for Armor.

Hayley Williams sendiri mengungkapkan jika Flowers for Vases / Descansos bisa dianggap sebagai prequel atau bagian yang lebih dulu lahir sebagai kerangka dari karya-karyanya yang rilis melalui Petals for Armor. Hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya sebuah lagu berjudul Find Me Here. Find Me Here merupakan sebuah lagu yang sempat dirilis Hayley Williams dan menjadi bagian untuk Petals for Armor: Self Serenades EP. Namun, untuk kebutuhan Flowers for Vases / Descansos, Hayley Williams menggubah sedikit lagu Find Me Here untuk menghadirkan nuansa yang berbeda dari sebelumnya.

Aspek satu kesatuan yang hadir antara Flowers for Vases / Descansos dan Petals for Armor ini menjadi sebuah hal yang perlu untuk dirilis dalam waktu dekat oleh Hayley Williams. Hal tersebut dibutuhkan agar para pendengarnya bisa memahami secara lebih luas dan holistik terkait cerita apa yang ingin Hayley Williams sampaikan melalui karya-karyanya tersebut. Selain itu, Hayley Williams juga menyatakan jika ada kesempatan dalam membawakan karya-karya terbarunya tersebut secara live, dirinya ingin menghadirkan perpaduan karya-karya antara Flowers for Vases / Descansos dan Petals for Armor sehingga para penikmat musiknya dapat merasakan jembatan yang menyatukan kedua album tersebut. 

Rilisnya Flowers for Vases / Descansos juga jadi sebuah rasa syukur bagi Hayley Williams karena dirinya merasa berhasil dan mampu untuk bertahan di tengah kehidupan yang tidak menentu. Lalu rilisnya album Flowers for Vases / Descansos juga jadi sebuah pesan dari Hayley Williams sebagai rasa terima kasih serta pesan semangat bagi para penggemarnya. Total Hayley Williams memasukkan 14 lagu untuk album Flowers for Vases / Descansos ini. Dalam proses pengerjaannya, Hayley Williams juga dibantu oleh Daniel James sebagai produser.

Sebelum merilis Flowers for Vases / Descansos, Hayley Williams sempat lebih dulu menutup tahun 2020 dengan memperkenalkan sebuah mini album berjudul Petals for Armor: Self Serenades EP. Mini album tersebut digambarkan sebagai sisi lain yang lebih personal dan vulnerable dari Hayley Williams dibandingkan dengan persona yang hadir album Petals for Armor. Hal tersebut dibuktikan dengan konsep akustik dan home recording yang dilakukan oleh Hayley Williams pada Petals for Armor: Self Serenades EP ini. Untuk proses rekamannya, Hayley Williams hanya menggunakan gitar akustik untuk menemani vokalnya. Seluruh lagu yang termasuk pada mini album Petals for Armor: Self Serenades EP ini ditulis sepanjang tahun 2020. Daniel James juga merupakan produser yang didaulat oleh Hayley Williams dalam proses produksi mini album Petals for Armor: Self Serenades EP ini. 

Kehadiran universe Petals for Armor juga merupakan sebuah hal yang spesial bagi Hayley Williams. Pasalnya album perdananya tersebut merupakan karya solo yang rilis sebagai penanda genap usia Hayley Williams ke-31. Perayaan ulang tahun ke-31 Hayley Williams tersebut juga disambut dengan sebuah single solo berjudul Simmer. Lagu tersebut juga masuk ke dalam rangkaian lagu dari mini album Petals for Armor: Self Serenades EP dengan format akustik. Single tersebut juga menjadi gerbang bagi Hayley Williams untuk memulai karier mandirinya. Selain itu, rilisnya album Petals for Armor juga membuktikan bahwa Hayley Williams merupakan seorang musisi multi talenta yang mampu untuk keluar dari pakem pop punk / punk rock yang identik dengan citra Paramore.

Universe Petals for Armor sendiri hadir sebagai sebuah representasi isi hati dan kepala dari Hayley Williams. Saat merilis album solo perdananya tersebut, Hayley Williams sempat mengakui bahwa komposisi lagu yang tergabung di dalam Petals for Armor dirinya tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang dialami oleh vokalis Paramore tersebut. Tema yang diangkat oleh Hayley Williams adalah perjalanan hidup. Melalui album Petals for Armor, Hayley Williams ingin kembali mengingat-ingat tentang perubahan dan perkembangan yang dirinya alami semasa hidup hingga menjadi seorang musisi yang cukup besar hingga saat ini. Perubahan-perubahan tersebut diwakili dengan ragam emosi, seperti keresahan, amarah, kesedihan, serta rasa bahagia yang diolah menjadi komposisi musik yang menarik untuk album Petals for Armor

Meskipun baru berhasil merilis album solo perdananya di tahun 2020, sejak tahun 2010 Hayley Williams juga sudah lebih dulu berkarier di bawah namanya sendiri dengan cara berkolaborasi bersama musisi-musisi ternama. Sebut saja, musisi dan kelompok musik seperti B.o.B, Zedd, New Found Glory, Chvrches, Weezer, Tegan and Sara, serta American Football pernah jadi tempat bagi Hayley Williams untuk berkolaborasi sekaligus sebagai sebuah wadah eksplorasi musik yang dibutuhkan oleh dirinya.

 

Image courtesy of Hayley Williams

0 COMMENTS