Ashcroft

Sengketa 'Bitter Sweet Symphony' Akhirnya Usai

  • By: NTP
  • Kamis, 30 May 2019
  • 700 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Duo personil The Rolling Stones, Mick Jagger dan Keith Richards baru-baru ini telah mengakhiri salah satu sengketa hak cipta tersengit di sejarah Britania Raya. Mereka memutuskan untuk memberikan Richard Ashcroft semua royalti di masa depan bagi lagu “Bitter Sweet Symphony” (1997) karya The Verve.

Kabar tersebut ia umumkan berbarengan saat menerima penghargaan Ivor Novello untuk kategori Outstanding Contribution to British Music.

“Kejadin yang mengejutkan ini terjadi karena keputusan baik hati dan dermawan dari Mick serta Keith. Mereka juga setuju untuk membuang nama masing-masing dari kredit penulisan dan semua royalti yang mereka terima akan dipindahkan ke saya,” tulis Ashcroft.

“Bitter Sweet Symphony” berhasil menduduki posisi nomor dua di tangga lagu Britania Raya dan nomor 12 di Amerika Serikat, sekaligus dinominasikan untuk Best Rock Song di ajang Grammy Award.

Single utama dari album Urban Hymns (1997) ini bahkan mencapai penjualan sepuluh kali platinum, dan akhirnya terjual sebanyak sepuluh juta kopi di seluruh dunia. Album tersebut masih menduduki posisi album terlaris nomor 19 di Britania Raya.

Perusahaan penerbitan ABKCO, yang dimiliki manajer The Rolling Stones, Allen Klein menganggap bahwa The Verve menggunakan sample karya Stones, "The Last Time" versi gubahan The Andrew Oldham Orchestra melewati batas persetujuan. Perkara yang kemudian diselesaikan di meja hijau ini pun memaksa Ashcroft untuk melepaskan semua royalti dan memuat nama Jagger-Richards di kredit penulis lagu.

Setelah Jagger-Richards menyerahkan royalti dan kredit penulisan pada Ashcroft, ia langsung mengucapkan terima kasih pada tim manajemennya.

“(Terima kasih untuk) manajemen saya, Steve Kutner dan John Kennedy, Joyce Smyth manajer Stones dan Jody Klein (yang mengambil keputusan ini), yang terakhir terima kasih dan hormat sebesarnya bagi Mick dan Keith. Music is power,” ucap Ashcroft.

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    DAMAI ITU INDAH