Seni Musik: Pengertian, Unsur, dan Mediumnya

Seni Musik: Pengertian, Unsur, dan Mediumnya

  • By:
  • Selasa, 22 June 2021
  • 2420 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Seni musik menjadi hal yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Seni musik sendiri merupakan cabang seni yang menggunakan media suara atau bunyi untuk menyajikan karya yang dihasilkan olehnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Musik yang hadir dan sering kali kita dengarkan di sela waktu lengang atau bahkan saat menjalani aktivitas harian ini merupakan salah satu cabang dari seni. Seni musik yang merupakan sebuah cabang seni yang menggunakan musik atau suara yang tersusun sedemikian rupa dan disusun dari irama, lagu, nada yang memiliki keharmonisan. Meskipun terdengar terbatas dalam getaran atau suara, dalam kenyataannya seni musik melibatkan pikiran dan perasaan manusia pula.

Sederhananya, meskipun produk yang dihasilkan adalah getaran dalam frekuensi tertentu, yang mencernanya bukanlah sekedar indra pendengar saja. Namun melibatkan pikiran dan perasaan pendengarnya pula, karena getaran yang diolah menjadi musik memengaruhi pendengarnya secara psikis pula.

Seni musik sendiri merupakan salah satu seni tertua yang ada di bumi karena di setiap peradaban seni musik mencatatkan peranannya sendiri. 

Unsur-unsur di Dalam Seni Musik

Sebagai sebuah kesatuan dari berbagai hal, seni musik tidak berdiri sendiri. Seni musik muncul, berkembang, dan dikenal juga dipergunakan secara luas berkat hadirnya unsur-unsur yang membentuknya. 

Unsur Seni Musik: Suara

Suara adalah unsur paling dasar dari seni musik. Menurut seorang ahli, suara adalah perubahan getaran udara yang memiliki panjang gelombang maupun periode dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam seni musik dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu tala (tinggi nada), durasi (berapa lama suara dikeluarkan), intensitas, dan timbre (warna bunyi).

Nada

Pembagian suara ke dalam frekuensi tertentu disebut dengan nada. Nada adalah satuan terkecil dari seni musik yang dapat dibagi-bagi ke dalam tinggi redahnya menurut frekuensi maupun jarak relatif nada patokan. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada terdiri dari: tangga nada mayor, minor, dan pentatonik.

Melodi

Melodi adalah rangkaian tinggi rendahnya nada yang berbunyi atau dibunyikan secara berurutan di dalam sebuah seni musik. Melodi adalah susunan atau rangkaian nada dengan getaran teratur yang terdengar berurutan dan mengungkapkan suatu perasaan atau pikiran.

Irama / Ritme

Irama adalah pengulangan urutan rangkaian gerak dalam suatu komposisi di seni musik yang teratur sehingga terdengar indah/estetis atau memberikan dampak tertentu pada pendengarnya. Sederhananya, irama merupakan urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dalam sebuah musik.

Birama

Merupakan ketukan atau ayunan berulang-ulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. Birama ditulis dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 6/8, dst. Angka pertama sebelum garis miring adalah pembilang yang menunjukkan nilai ketukan pada tiap birama, sementara angka di belakang garis miring berarti penyebut yang menunjukkan nilai notasi dalam satu ketukan.

Tangga Nada/ Struktur/ Notasi

Unsur seni musik selanjutnya adalah tangga nada atau struktur yang merupakan urutan berbagai nada yang disusun membentuk tangga. Terdapat dua tangga nada, yaitu tangga nada diatonik yang terdiri dari 7 nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1) dan tangga nada pentatonik yang terdiri dari 5 nada pokok. Satu tangga nada memiliki satu nada dasar yang diikuti oleh nada lainnya yang lebih rendah atau tinggi dengan pola interval tertentu dan membentuk ciri khas khusus.

Harmoni

Harmoni adalah paduan nada yang ketika dibunyikan bersama-sama akan menghasilkan bunyi yang selaras/harmonis. Elemen harmoni seperti itu disebut dengan interval, terdapat elemen lain dari harmoni, yakni akor. Akor berarti harmoni yang bekerja dengan cara mengiringi melodi. Sering diibaratkan bahwa harmoni menyusun keterpaduan seni musik secara vertikal, sementara harmoni menyelaraskan komposisi secara horizontal. Dalam seni musik, harmoni merupakan keselarasan paduan bunyi (contohnya: menyelaraskan beberapa melodi).

Medium Seni Musik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, seni musik tidak berdiri sendiri. Ia membutuhkan unsur juga medium untuk menghasilkan suara. Medium seni musik adalah penghantar bunyi atau suara yang digunakan dalam seni musik seperti instrumen (alat musik), vokal, dan berbagai partisipan medium lainnya dalam suatu komposisi atau aransemen musik.

  • Instrumen, merupakan berbagai alat yang dapat menghasilkan bunyi yang memiliki nada untuk diolah menjadi musik. Instrumen biasanya menjadi medium utama dalam menghasilkan melodi. Terdapat banyak jenis instrumen seperti: gitar, piano, drum, biola dan lainnya.
  • Vokal menjadi medium seni musik berikutnya, vokal adalah suara yang dikeluarkan oleh seseorang dengan mengatur nada dan unsur musik lainnya sehingga dapat menghasilkan bunyi teratur dan tertata yang sesuai dengan musik.
  • Untuk medium seni musik selanjutnya adalah perkusi yang merupakan alat musik dengan didasari ketukan dan pukulan.
  • Ansambel adalah medium seni musik yang menghasilkan suara sederhana dan lebih terbatas dari sisi pengaturan tangga nada instrumen namun cocok untuk menjadi pengisi harmoni.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS