reaksi

Sentilan Reaksi Terhadap Indonesia Lewat Single 'Tragis'

  • By: NND
  • Kamis, 27 June 2019
  • 332 Views
  • 4 Likes
  • 0 Shares

Serentak dengan dirilisnya debut single dari Zirah (baca selengkapnya di sini); Reaksi, yang juga tergabung dalam roster Rekaman Pots, turut serta membeberkan single ketiga dari debut EP mereka yang berjudul "Tragis".

"Tragis" dirilis pada 21 Juni 2019 pada layanan digital streaming seperti Spotify, Apple Music, Joox dan Deezer.

"Lagu 'Tragis' mengkritik suatu realita, khususnya di Indonesia; ketika otoritas menjadi konglomerat dan kemudian menjadi plutokrat, pekerja terjebak dengan kelas sosial mereka, dan kaum intelektual terlihat seperti cenderung kehilangan sikap kemanusiaanya," tulis mereka melalui siaran pers yang beredar.

Dipilarkan oleh pandangan inilah Reaksi kemudian bernarasi dan melepas kritik mereka terhadap situasi yang mereka anggap—merujuk judul yang jujur, cukup "Tragis".

Dari sanalah olah pikir mereka bermuara menjadi trek "Tragis"; mereka merasa bahwa pergerakan dari keutuhan masyarakat adalah aspek yang diperlukan untuk dapat menyetir perubahan dalam fenomena serupa, bukan hanya lapisan masyarakat yang secara langsung merugi dari rakusnya kaum "atas". Stigma perlu diubah, dan untuk mencapainya, semua harus ikut berpartisipasi; setidaknya, itulah kandungan pesan yang tersemat pada trek berdurasi dua menit 58 detik ini.

Dengan amunisi baru ini, Reaksi seakan mencoba mengorek pusaran politik yang sedang jeram ombaknya pasca bulan politik kemarin, juga dengan segala kejadian yang menimpa "kelurusan" ranah politik di Nusantara, jika memang masih lurus jalannya.

"Keinginan untuk menjadi lebih baik seharusnya ditanamkan di hati semua orang, terutama pengelola negara," tulis mereka lagi, seraya menyentil yang memang perlu disentil.

Dibalut gemuruh kasar musik grunge yang apa adanya; Garry Eben (vokal, gitar), Marwan Gumulya (gitar), dan Teuku Rafiki (drum) meruntutkan trek jebolan ketiga dari EP perdana mereka, GRUNCH. Dalam pengerjaan keutuhan materi EP tersebut, Firas Raditya (Rachun, The Sidhartas) maju sebagai co-produser, yang juga turut mengisi posisi bass didalamnya.

Nantinya, EP GRUNCH rencananya akan dicetak terbatas dan dirilis pula dalam bentuk digital bersama label mereka, Rekaman POTS.

Reaksi adalah trio grunge ibukota yang dibentuk dengan semangat perlawanan yang kental. Maju berperang dengan musik grunge yang tanpa basa-basi sebagai tombaknya, mereka merupakan sebuah nama yang patut diwaspadai dalam generasi grunge yang baru di tanah air.

Simak single terbaru dari Reaksi, "Tragis", yang diambil dari debut EP mereka, GRUNCH, melalui video di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
194 views
superbuzz
4803 views
superbuzz
305 views