SENTIMENTAL MOODS: Rilis Album ‘Semburat’ dalam Format Fisik pada Akhir Juli

  • By: NTP
  • Jumat, 21 July 2017
  • 3681 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sentimental Moods, unit instrumental ska asal Jakarta, siap merilis album keempat mereka, Semburat, dalam format rekaman fisik yang disebar ke hampir seluruh kota di Indonesia pada 31 Juli mendatang. Sebelumnya, Semburat telah dirilis dalam format musik digital di layanan streaming pada April lalu.

Album Semburat dalam format rekaman fisik, yaitu kaset dan CD, diproduksi dan didistribusikan oleh DoggyHouse Records, label rekaman asal Yogyakarta. DoggyHouse Records adalah label rekaman yang didirikan oleh para personel Shaggydog.

[bacajuga]

Mengutip siaran pers yang diterima SuperMusic.ID, Sentimental Moods memainkan beberapa lagu yang bernyawa dan memiliki ciri khas sendiri. Sentimental Moods kemudian menerjemahkan nyawa setiap tiap lagu itu menggunakan beragam gaya dan aksen beragam dengan berlandaskan format ska.

Di beberapa lagu, Sentimental Moods memainkan sound bergaya tradisional berserta progresi komposisi yang khas. Di beberapa lagu lainnya, Sentimental Moods memainkan komposisi liar dengan birama khas yang jarang terdengar dalam ska.

Latar tersebutlah yang menjadi dasar pemilihan judul Semburat. Menurut siaran pers tersebut, kata ‘semburat’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “percikan aneka warna dalam sebuah bidang...”. Menurut Sentimental Moods, pada konteks album Semburat, menggambarkan banyak unsur, aksen, hingga emosi personal dari beragam latar belakang tiap personelnya.

“Semua berada dalam satu bidang, media, atau sebut saja panggung bernama ska. Semua pesan dan nyawa semua lagu bisa tersampaikan dengan baik lewat semburat ragam latar tiap personel tersebut. Begitulah inti album kedua yang diawali sebagai album digital ini,” tulis Sentimental Moods.

Semburat adalah album kedua Sentimental Moods setelah Destinasi Empat (2014). Grup instrumental ska ini digawangi oleh delapan personel, yaitu oleh Amoroso Romadian (trombon), Daniel Sukoco (saksofon bariton), Dharmo Soedirman (piano, organ, synthetizer), Parfida Efrido (bass), Rahmad Arifin (drum), Taufiq Alkatiri (terompet, spoken words), Wirastomo WH (gitar, spoken words), Yurie Fachran (saksofon tenor), serta dibantu oleh Sabar Dagelong (Perkusi etnik, sitar Bali).

 

0 COMMENTS