asam totalitarian

Sentuhan Punk-Industrial di Karya Terbaru ASAM

  • By: NND
  • Rabu, 15 January 2020
  • 630 Views
  • 9 Likes
  • 9 Shares

Berjarak lima tahun dari perilisan EP Rumah via Dead Records. ASAM--duo elektronik asal Jakarta--kembali merebus darah para penikmat musik lantai dansa dengan merilis single terbaru mereka di kanal Bandcamp, bertajuk "Totalitarian."

Sejenak menapak tilas, ASAM adalah duo anonim yang terkandung dalam roster Dead Records. Bernapaskan suara-suara liar dari modular, synth, sampler, dan drum machine dari live set mereka, keduanya memadukan gelombang-gelombang musik techno, industrial, rave, EBM, dan electroclash, serta apapun di antaranya. Semua itu dilahap, dimuntahkan keluar menjadi tatanan suara yang meskipun terdengar tidak lazim, tapi sedap dicerna. Track ini lebih tepat untuk memanaskan moshpit

EP Rumah sendiri sudah menjadi testamen yang kokoh untuk memposisikan ASAM sebagai salah satu peluru elektronik lokal yang berbahaya. Single "Antitesis" yang sempat rilis pada 17 Agustus 2018 lalu pun berkata hal yang sama.

Berbicara single anyar mereka, "Totalitarian" hadir dengan pesan yang ingin disampaikan. Setidaknya, begitulah yang terasa setelah mendengarkan trek "pelan" tapi berat ini. Durasinya yang singkat tak kunjung merampas kengeriannya. Apalagi jika dipadu dengan liner notes singkat kutipan Orwell dari novel 1984 yang tertulis di laman Bandcamp mereka:

"Jika anda inigin mengambarkan kondisi masa depan, bayangkanlah sebuat sepatu bot yang yang menginjak wajah manusia--untuk selamanya."

Dari lagu baru ini, ASAM juga seakan menampilkan identitas mereka yang selama ini dikenal cukup terbuka dengan eksperimentasi lintas genre. Selain itu, selain berlaku sebagai sebuah rilisan baru yang penuh karakter, "Totalitarian" juga menjadi pilar pertama menuju EP baru mereka yang tiba di bulan Juni 2020.

"Kita mempertimbangkan 'Totalitarian' sebagai sebuah lagu yang lebih punk, industrial, dan lebih berat terhadap synth yang mampu dimainkan secara pas ranah klab, baik itu di gelaran DJ-based ataupun live set," tulis mereka melalui siaran pers yang diterima.

Selebihnya, langsung saja dengarkan track tersebut, di bawah ini:

1 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Kerenn

Info Terkait

superbuzz
41 views
superbuzz
111 views
superbuzz
156 views
superbuzz
213 views
superbuzz
390 views