Seringai Merilis Video Klip untuk Single Ishtarkult

Seringai Merilis Video Klip untuk Single Ishtarkult

  • By:
  • Selasa, 16 February 2021
  • 65 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2021 ditandai Seringai dengan sebuah karya baru. Unit metal high-octane kenamaan Tanah Air itu merilis sebuah video klip untuk single ketiga dari album Seperti Api yaitu Ishtarkult.

Butuh waktu tiga tahun bagi Seringai untuk meluncurkan video musik dari single ini setelah album Seperti Api rilis pada 2018. Sebelumnya, Seringai sudah lebih dulu merilis video klip dari dua single awal album tersebut.

Seringai merilis video klip dari single Selamanya pada Juli 2018, kemudian disusul video klip dari single Adrenalin Merusuh sebulan setelahnya. Setelah hampir tiga tahun, video klip lagu Istharkult akhirnya mendarat pada 4 Februari 2021.

Ishtarkult sendiri termasuk sebagai salah satu lagu Seringai paling populer dari album Seperti Api dengan jumlah pendengar pada layanan Spotify lebih dari 1 juta kali. Di lagu ini, Seringai menggaet solois yang tengah naik daun, Danilla Riyadi, untuk turut menyumbangkan kepiawaiannya bernyanyi.

Tidak seperti di kebanyakan lagu milik Seringai lainnya, Ishtrakult menyuguhkan musik yang bertempo sedikit lebih lambat. Lagu Seringai dengan Danilla kali ini bernuansa seperti doom metal.

Video klip Ishtarkult juga menjadi sebuah angin segar untuk unit yang digawangi oleh Arian13, Ricky Siahaan, Edy Khemod, dan Sam Bramantyo. Seringai bekerja sama dengan Afterlab—studio animasi yang masih bagian dari Visinema—untuk membuat video animasi 3D dengan kualitas wahid. 

Video klip Ishtarkult awalnya direncanakan bakal dirilis pada 21 Januari 2021, namun akibat kendala teknis karena kerumitan pembuatan animasi yang lumayan memakan waktu, Seringai mengundur jadwal penayangan perdana video klip tersebut pada 4 Februari.

Video klip tersebut berformat animasi 3D berdurasi 5 menit 20 detik. Dalam animasi, dikisahkan seorang pemimpin sekte Sumeria dan para pengikutnya bertemu dengan Dewi Ishtar di gurun Mesopotamia.

Kedatangan dewi tersebut mereka harapkan bakal membawa harapan. Namun, alih-alih memperoleh untung, sang dewi justru menghanguskan mereka semua.

"Ketika menulis lagunya, temanya memang tentang seks. Gue menulis lirik terbayang dewi kuno Mesopotamia yang menurut mitologinya, dia adalah goddess of love and war. Liriknya lebih ke goddess of love, videonya lebih ke goddess of war," jelas vokalis Seringai, Arian, dalam konferensi pers virtual dikutip dari Detik.

Di lain sisi, Reza Permana dari Afterlab menyebut bahwa Seringai adalah band yang tepat untuk menunjukkan bahwa animasi bukan hanya diperuntukan bagi anak-anak. Oleh karena itu, bersyukur bisa mewujudkan video klip Seringai dengan tema fiksi ilmiah.

"Dari dulu gue ingin punya video yang animasi tapi belum pernah kejadian dan belum nemu partner atau produser yang bisa gue ajak bikin video yang gue mau. Gue sendiri fans science fiction, gue sangat suka sci-fi dan gue ingin nerapin di Ishtarkult," cerita Arian.

"Suatu hari gue lihat video animasi lokal, judulnya Si Kancil. Gue share ke anak-anak kayaknya seru nih. Gue punya jalan cerita yang sangat sederhana, kebetulan Khemod (Edy Khemod, drummer Seringai) kenal dan langsung mengkontak Afterlab," sambung dia.

Adapun, proses penggarapan video musik Ishtarkult memakan waktu kurang lebih selama empat bulan. Dengan melibatkan puluhan orang, Reza menyebut bahwa waktu yang dibutuhkan untuk membuat animasi yang apik memang cukup lama.

"Kami coba dengan treatment yang agak berbeda, ada beberapa treatment dari teman-teman Seringai, itu sebenarnya 2D tapi ada outline 3D-nya. Kami pakai animator 20 orang, total yang ngerjain bisa sampe 30 orang dan ada spesifikasi masing-masing. Di empat bulan itu kami coba push, prosesnya tidak semudah itu," jelas Reza.

Konsep video klip hingga tempo lagu dari single ketiga album Seperti Api ini memang berbeda cukup kontras dengan video klip terakhir yang dirlis Seringai pada 2018 lalu. Namun, video klip dari single Adrenalin Merusuh juga menawarkan konsep menarik.

Seringai menggandeng aktor film laga, Iko Uwais untuk bikin rusuh di video klip mereka kala itu. Ide cerita untuk video klip ini sendiri muncul dari para personil Seringai sendiri. Seringai juga menggandeng drummer Edy Khemod sebagai sutradara dan diproduseri oleh Cerhati Cinehouse.

Iko Uwais hadir sebagai pengisi video clip dengan bantuan tim khususnya. Suami dari Audy Item (Paula Allodya Item) kala itu mengaku senang bisa berkolaborasi dengan Seringai, ia menyebut genre musik dan lagu Adrenalin Merusuh cocok dengan genre action.

Secara garis besar, lagu Adrenalin Merusuh berkisah tentang gairah Seringai dalam bermusik dan bagaimana keseharian mereka sebagai sebuah grup band. Dari sini, mereka pun mencoba menggambarkannya ke dalam video klip yang keren.

Pengambilan gambar video klip lagu ini diambil di lantai 4 Rossi Fatmawati yang diawali dengan pesta showcase Seringai lengkap bersama aksi moshing, minuman alkohol, permainan skateboard, serta keseruan lain yang ingin mereka tampilkan dalam aksi panggung mereka.

Seringai mencoba menggambarkan video klip mereka senyata mungkin dengan banyak melibatkan Serigala Militia, sebutan untuk penggemar setia Seringai. Dari sini, konflik dan inti dari video klip lagu Adrenalin Merusuh mulai ditunjukkan.

0 COMMENTS