SGC 2015 Adli Noor: Jangan Pernah Merasa Jadi Gitaris Matang

  • By: LS
  • Selasa, 2 February 2016
  • 3885 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

“Selalulah merasa hijau agar kita tetap bertumbuh, karena jika kita sudah merasa matang, berarti kita sudah dekat untuk menjadi busuk”. Kalimat tadi menjadi hal yang selalu dipegang baik-baik oleh Adli sebagai seorang gitaris. Memainkan gitar sejak usianya 11 tahun tidak pernah membuatnya merasa puas begitu saja. Ia selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuannya hingga saat ini.

Awal Februari 2006 merupakan momen penting bagi gitaris asal Tangerang ini. Momen itu adalah kali pertama Adli belajar memainkan gitar. Ia masih ingat betul ayahnya senang memainkan gitar klasik dan bermain di kamarnya. “Di rumah saya ada dua gitar klasik punya ayah saya, disimpannya di atas lemari saya. Jadi, terkadang ayah saya masuk ke kamar dan memainkan beberapa lagu, seperti “Romance de Amor”,” tutur Adli.

Membuahkan hasil

Bertahun-tahun bermain gitar, Adli telah mengantongi kemampuan mumpuni. Ia tergabung bersama band heavy metal bernama Outlier. Ia juga tergabung bersama band rock bernama Geronimo Jr dan projek lainnya yang beragam, termasuk projek akustik. Meskipun tergabung dalam berbagai projek, ia lebih senang menjadi seorang gitaris solo. “Saya lebih bisa mengeluarkan karakter bermain saya yang sebenarnya,” cetus Adli.

Saat ini Adli juga menjadi pengajar di beberapa institusi musik dan mengajar privat. Gitaris yang mengidolakan Yngwie J. Malmsteen dan Synyster Gates ini juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian sertifikat musik internasional.

Menciptakan warna musik sendiri

Pengaruh dari gitaris-gitaris idola memang tidak bisa dipungkiri. Butuh usaha agar seorang gitaris bisa memiliki warna tersendiri. Adli pun tidak mau terperangkap dan kehilangan karakter dalam bermain gitar. “Setiap saya menciptakan lagu, saya selalu berusaha menciptakan warna saya sendiri. Saya juga tetap memperluas wawasan musik saya dengan mendengarkan banyak sekali jenis musik,” ungkap Adli.

Bagi Adli, penting bagi setiap gitaris untuk mengenal dasar dari permainan gitar. Teknik-teknik dasar itu akan memengaruhi cara bermain setiap gitaris pada nantinya. “Sangat penting untuk fasih dalam hal-hal dasar, seperti latihan chromatic, alternate picking, legato, juga memerhatikan metronom,” cetus Adli.

Simak lagu Adli Noor untuk Supergitar Competition 2015 “Galaxy Stream” lewat link ini.

Foto: dok. pribadi

0 COMMENTS