SGC 2015 Bima Wp: Gitaris Ekspresif dengan Semangat Positif

  • By: LS
  • Selasa, 26 January 2016
  • 3665 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Alasan Bima Wibisono Putra alias Bima Wp mulai bermain gitar sederhana saja. Karena tidak mau jadi bahan suruh-suruhan di tongkrongannya, salah satu dari 20 finalis Supergitar Competition 2015 ini memutuskan mempelajari instrumen ini. “Dulu waktu di tongkrongan gue doang yang engga bisa main gitar, jadi bahan suruh-suruhan. Ha-ha-ha. Dari situ pengen bisa main gitar dan terinspirasi sosok Slash Guns N’ Roses yang keren banget. Keterusan sampai sekarang,” tutur Bima.

Setelah kurang lebih 15 tahun memainkan gitar, dengan sendirinya Bima mendapatkan ekspresi ketika bermain di atas panggung. Ini merupakan sesuatu yang tidak dibuat-buat dan dibiarkan mengalir begitu saja. Bima mengatakan, “Ngalir gitu aja, sih. Gue berekspresi sesuai dengan apa yang gue mainin, biar pesan lagunya bisa sampai ke audiens. Yang penting masih nyaman dan pas sama apa yang dimainin”.

Muka tanpa ekspresi, bermain gitar tanpa pindah dari satu tempat ke tempat lain atau bahkan hanya jari-jari saja yang bergerak memainkan gitar? Yeah, penampilan gitaris semacam ini mungkin bakal membosankan, jika musik yang dimainkan memang enerjik. Aksi panggung merupakan salah satu hal yang Bima perhatikan ketika bermain gitar di atas panggung. “Penting banget, dong. Karena gue berusaha sebaik mungkin untuk bisa menghibur audiens entah dari permainan gitar gue atau aksi panggung,” cetus Bima.

Selain aksi panggung, karakter pun hal yang dicari oleh Bima. Ia masih ingin memaksimalkan gaya bermain dan karakter yang dimilikinya sekarang. “Alhamdulillah, sejauh ini udah lumayan dapet. Tapi, gue masih terus menggali untuk memaksimalkan karakter yang gue pengenin”.

Bawa santai semua masalah lewat lagu

Pressure” menjadi lagu andalan yang Bima jagokan dalam kompetisi ini. Sesuai dengan judulnya, “Pressure” bercerita soal seseorang yang sedang mengalami tekanan dalam aktivitas sehari-harinya. Tidak sepenuhnya bercerita soal tekanan, akhir lagu ini berisi pencerahan.“Jangan berlarut dalam menghadapi masalah, dibawa santai aja, di balik masalah pasti ada jalan keluarnya. Intinya lagu gue ini happy ending gitu dah. Kayak drama-drama Korea,” tutur Bima sambil tertawa.

Berbeda dengan finalis lainnya, Bima mengunggah video berkonsep yang melibatkan kawan-kawannya. “Waktu garap lagunya di otak langsung kepikiran kira-kira konsep videonya mau kayak gimana. Intinya, semua orang pasti pernah ngalamin tekanan atau stres. Alhamdulillah gue punya teman-teman yang dengan senang hati mau ngebantu—walaupun cuma dikasih setengah gelas kopi— dan membuat video atau lagu ini bisa lebih mudah dimengerti” ungkap Bima.

Dalam video ini, sementara Bima bermain gitar, kawan-kawannya secara bergantian keluar-masuk set video sambil membawa kertas yang menceritakan isi lagu. “Biar orang yg liat video gw gak jenuh ngeliat muka gue mulu”.

Pengalaman kocak waktu manggung

Setiap gitaris pasti punya pengalaman fail di panggung. Pengalaman yang dialami Bima ini juga mungkin pernah dialami gitaris lainnya. “Beberapa menit sebelum perform, tiba-tiba gue pengen buang air besar. Pas lagi on the way toilet, si MC dengan lanang manggil nama gue dan enggak jadi lah ke tolilet. Ditahan. Ha-ha-ha,” cerita Bima.

Sambil mengingat-ingat pengalaman tersebut, Bima masih kegelian sendiri dan tidak bisa membayangkan ekspresinya saat itu. “Enggak kebayang dong ekspresi muka gue kayak gimana. Sumpah enggak enak. Main enggak konsen. Mau joged juga enggak bisa, tapi keringet ngalir terus. Ha-ha-ha. Turun panggung tanpa basa-basi langsung cus toilet”.

 

Projek

Session Player

Album

Corridors Band (2005-2008)

Sir Andreas (2011)

Felix Band (2012)

Antiga (2014)

Single

Refresh Day (2008-2009)

Eywa Band (2009)

Black Cofee Women (2010)

Mars Planet (2013)

Nugie WWF ''Mulailah dari diri sendiri'' (2015)

Gitaris solo

Bima Wp - mini album solo gitar: My Guitar Story

Simak "Pressure" dari Bima Wp lewat link ini.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
16 views
superbuzz
16 views
superbuzz
16 views
superbuzz
16 views
superbuzz
16 views