SHE BANGS THE DRUMS: Deretan Drummer Wanita Terkeren

  • By: OGP
  • Senin, 5 June 2017
  • 7222 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Keberadaan sosok drummer pada sebuah band merupakan elemen vital. Walau berada di posisi terbelakang, tanpa sosok penabuh drum yang mumpuni mustahil kelompok musik dapat berdiri secara seimbang. Ibaratnya, seorang drummer merupakan tulang punggung dalam band, melengkapi pondasi paduan instrumen-instrumen lainnya.

[bacajuga]

Urusan gebuk-menggebuk drum, umumnya didominasi oleh kaum adam. Nama-nama seperti John Bonham, Keith Moon, Buddy Rich, Neil Peart hingga Mike Portnoy tentu sudah akrab di telinga para maniak musik. Namun sejatinya kini, posisi drum tak lagi melulu hanya diisi oleh barisan kaum pria saja, beberapa drummer wanita pun seolah tak mau kalah memamerkan keahliannya menabuh bedug Inggris.

Simak deretan para drummer wanita terkeren versi SuperMusic.ID. Di antara jajaran daftar drummer di bawah, adakah yang jadi jagoan favorit kalian?

1. Maureen ‘Moe’ Tucker

Ia dikenal luas publik sebagai drummer unit rock berpengaruh The Velvet Underground. Maureen ‘Moe’ Tucker merupakan salah satu dalang terlibatnya sosok kaum hawa ke dalam entitas rock. Gaya konvensionalnya memainkan instrumen tersebut terlihat dari cara Moe menabuh drum. Ketukan yang sederhana nan minimalis jadi signature Moe.

Gebukannya yang terkesan primitif dan ‘cuek’ juga masih relevan terdengar hingga saat kini. Maka tak heran, sederet band rock alternatif sekaliber The Jesus and Mary Chain hingga The Raveonettes pun cukup terpengaruh oleh permainan drum yang dihasilkan oleh wanita kelahiran New York itu.

2. Karen Carpenter

Siapa sangka penyanyi di duo bersaudara The Carpenters itu juga merupakan seorang drummer hebat? Ya, jauh sebelum hit “Yesterday Once More” beredar luas, Karen kerap kali mengisi pos drum di muatan materi-materi awal The Carpenters. Karen memulai menabuh drum di tahun 1964, kala itu ia baru menjejak usia sekitar 14 tahun. Kemampuannya dalam menggebuk drum juga dipuji oleh segelintir drummer handal macam Buddy Rich, Cubby O’Brien, dan Hal Blaine. Selain itu dirinya juga turut mempopulerkan menabuh drum sembari bernyanyi dengan mic secara padu.

3. Sheila E

Sheila E dijuluki sebagai salah satu ‘srikandi’ drummer di dunia. Ia dibesarkan dan dipengaruhi oleh sang ayah Pete Escovedo, yang dikenal juga sebagai seniman jazz latin tenar. Nama Sheila E di kancah musik khususnya instrumentalis drum terbilang cukup mengesankan. Dirinya turut dinominasikan untuk beberapa kali penghargaan prestisius di ajang Grammy Awards. Julukan ‘The Queen of Percussion’ akhirnya disematkan ke Sheila.

Sheila pertama kali bermain drum di usia lima tahun, di mana ia memainkan solo drum di depan sekitar 3000 pasang mata. Sheila kerap kali berkolaborasi bersama musisi dunia seperti Prince dan Ringo Starr. Sebagian besar kariernya dihabiskan bersama mendiang Prince, setelah bergabung selama beberapa dalam sesi rekaman Purple Rain.

4. Kate Schellenbach

Di kancah underground, nama Kate Schellenbach berada di garda terdepan, diakui sebagai drummer wanita hardcore/punk terbaik yang pernah ada. Awal mula kariernya, ia tergabung di dalam skuad Beastie Boys bersama trio bengal MCA, Ad-Rock, dan Mike D. Saat itu Beastie Boys masih kental menganut musik hardcore punk. Gaya agresifnya meggebuk drum acap kali mengundang decak kagum penikmat musik. Hengkang dari Beastie Boys, Schellenbach kini aktif dalam produksi TV, bekerja untuk The Ellen DeGeneres Show dan Lopez Tonight.

5. Meg White

Wanita tangguh berikutnya adalah mantan istri gitaris handal Jack White sekaligus penabuh drum The White Stripes, Meg White. Di awal dekade 2000-an, nama The White Stripes sempat jadi buah bibir para kalangan pencinta rock di kala itu. Bagaimana tidak? Bersama Jack, dia memainkan musik blues rock modern dengan ciri khas sound yang begitu rock n roll dan catchy beriringan. Tak ayal The White Stripes pun pernah meraih total sebanyak 6 penghargaan Grammy Awards sepanjang karier mereka sebelum akhirnya memutuskan bubar di tahun 2011.

6. Susy Nander

Sekitar akhir dekade 60-an, kancah musik Indonesia sempat berkibar kencang oleh band beranggotakan wanita Dara Puspita. Unit rock n’ roll asal Surabaya itu memiliki drummer mumpuni bernama Susy Nander. Walau namanya jarang terdengar di media, dapat disimpulkan Susy merupakan salah satu drummer pertama wanita yang eksis di jagat musik nusantara. Kepiawaiannya dalam menabuh drum dapat dilihat melalui track klasik “A Go Go” yang bernuansa kental surf rock. Di kala itu kemampuan skill drum Susy sampai dijadikan barometer bagi kalangan drummer wanita lainnya yang berdomisili di tanah air.

7. Titi Rajo Bintang

Tak banyak yang mengetahui kalau di balik paras cantik seorang Titi Rajo Bintang terdapat bakat seni lain yang mendarah daging di dalam. Salah satunya adalah kemampuan dirinya dalam menabuh instrumen drum. Sedari kecil, Titi sudah mengenal drum dan jatuh hati kepada alat musik tersebut. Di tahun 2009 lalu, Titi sempat tampil di dalam pentas Jakarta International Java Jazz Festival bersama deretan musisi jazz kenamaan. Saat ini ia juga aktif mengajar sebagai guru musik dan berlakon sebagai aktris di dunia hiburan.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
3748 views
superbuzz
337 views
superbuzz
330 views
supernoize
1763 views