Sigur Ros Berinovasi Kembangkan Aplikasi ‘Mixed Reality’

  • By: NTP
  • Rabu, 24 January 2018
  • 1166 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah bereksperimen dengan komposisi post-rock dan sound dream pop, Sigur Rós, band asal Islandia ini tengah mengoprek mixed reality bersama startup Magic Leap.

Sejak 2013, mereka mengembangkan aplikasi bernama Tónandi, yang berarti “arwah suara.” Aplikasi ini memungkinkan pengguna menggabungkan pengalaman dunia materil dan digital. Pengguna bisa berinteraksi dengan objek digital Tónandi di latar lingkungan fisik yang mereka tinggali.

Dalam wawancara Rolling Stone bersama kepala proyek Tónandi, Mike Tucker, ia menyatakan bahwa gawai Magic Leap menggunakan banyak fitur dan menggabungkan banyak teknologi.

“Kami menggunakan beberapa fitur unik di dalam Magic Leap, seperti meshing suatu ruangan, pelacakan mata, dan pengguna menggunakan gerakan sebagai metode input,” ujar Tucker.

Menurut laporan Pitchfork pada akhir Desember lalu, masing-masing pengguna dapat merasakan pengalaman, yaitu interaksi objek digital dan musik pengiring yang berbeda saat menggunakan Tónandi.

Sigur Rós menulis komposisi dan musik khusus untuk Tónandi sejak 2013, dan telah mengunggah cuplikan aplikasi ini melalui akun YouTube mereka di penghujung 2017.

Awalnya, Sigur Rós mengunjungi garasi Rony Abovitz, pendiri Magic Leap, di Fort Lauderdale, Florida setelah mereka tampil di Miami pada Oktober 2013. Abovitz mengundang mereka untuk mencoba gawai purwarupa Tónandi, ‘the Beast’, yang saat itu masih berukuran sebesar lemari pendingin.

“Kami tertarik dengan Rony karena ia hidup di masa depan. Karyanya sangat menginspirasi kami,” ujar Jónsi, vokalis Sigur Rós.

“Aplikasi ini mungkin bisa jadi cara baru untuk merilis album. Mungkin itulah fungsi masa depan aplikasi ini,” imbuh sang bassis, Georg Hólm.

0 COMMENTS

Info Terkait