Hindia

Single Baru Hindia, Proyek Solo Baskara ‘.Feast’ yang Sajikan Dimensi Lain Musiknya

  • By: NND
  • Jumat, 22 March 2019
  • 477 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Baskara Putra, sosok di balik mikrofon grup musik .Feast, hari ini merilis lagu berjudul “Evaluasi”. Trek tersebut dimajukan sebagai sebuah single perdana untuk proyek solonya, yang diwujudkan dengan moniker Hindia.

Meskipun belum wajar di telinga umum, nyatanya “Evaluasi” bukanlah lagu pertama yang sudah dilepas oleh Baskara Putra sebagai sosok Hindia. Ada nomor-nomor dengan nama “No One Will Find Me” (Bertamu, 2018) dan “Tidak Ada Salju di Sini Pt. IV” (Tidak Ada Salju di Sini, 2018)— yang keduanya ditampung kedalam EP kompilasi yang turut menggandeng musisi-musisi lainnya.

Mengutip rilisan pers yang beredar, Baskara—secara panjang dan lugas—menjelaskan, “Saya senang mendengarkan. Hindia diciptakan karena saya menemukan mata air pribadi saya di sini. Dalam mendengarkan, saya menjadi tahu bagian diri mana yang dapat saya buka luka dan ceritanya untuk membasuh orang lain; dalam prosesnya, saya juga menemukan tujuan dan kebahagiaan.”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

‘EVALUASI’ telah hadir. Semoga dapat menjadi hadiah kecil untuk teman-teman semua yang kesulitan untuk tidur di tengah malam, atau untuk mengangkat tubuh dari kasur di pagi hari. — Penulisan lagu ini dibantu dan diproduseri oleh @petra_sihombing, yang tiba-tiba sempat sakit maka harus dioper ke @wisn_ikhsantama (di mana saya juga mengerjakan rekaman vokalnya). Ada sedikit bantuan juga dari @kallula yang arahan melodinya selalu magis. Artwork dan foto oleh @mikaelaldo, arahan oleh saya. Dirilis oleh Sun Eater. — Ada sedikit tulisan pendek untuk teman-teman semua di post ketiga sampai enam. Silakan dibaca, dan yang terpenting selamat menikmati Evaluasi ????•10:24

A post shared by Baskara Putra / Hindia (@wordfangs) on

Masuk lebih dalam untuk mengkaji latar dari nama “Hindia”, Baskara kemudian menyatakan bahwa, “Hidup memang harus dilandasi dengan memberi dan memberi, memikirkan air yang kita miliki belakangan, tak sadar bahwa selama ini jawabannya sudah ada dalam diri sendiri, sama seperti bagaimana Hindia ada jauh sebelum semen dan besi berdiri di Indonesia.”

“Untuk saya dan orang-orang di sekitar saya, tidur, yang separipurna-paripurnanya, tanpa gelisah menunggu kepastian, memikirkan masalah yang pantang usai, kesalahan masa lalu, anggota keluarga yang kesepian, tanggal yang mendekat, atau pekerjaan esok pagi, sudah menjadi barang mewah. Dalam esensinya, ‘Evaluasi’ adalah sikap dan perkataan saya untuk kami di kala kami tergerus secara batin pukul sebelas malam, tiga subuh, tujuh pagi, atau jam berapapun kita semua berusaha untuk tidur saat tidak tenang.”

“Saya bukan ahli,” lanjut Baskara. “Maka tak bisa memberi tahu bagaimana caranya memperbaiki diri, atau menjanjikan bahwa esok hari akan lebih baik. Yang bisa saya janjikan adalah keberadaan saya melalui lagu ini.”

Trek yang berteduh di bawah bayang pop/rock elektronik ini dibuka dengan alunan vokal macam Efek Rumah Kaca, tetapi dibenturkan dengan percikan instrumen dan nada elektronik. Chorus-nya terdengar cukup uplifting—berikan kesan segar dan mendorong semangat, cukup berseberangan dengan verses-nya yang melepaskan sedikit unsur gelap. Lagu ini menyajikan tapak-tapak memanjat yang menggiring suasana dari yang “suram” di awal, ke arah yang lebih “cerah” seiring berjalannya.

Trek “Evaluasi” dirilis oleh label rekaman Sun Eater. Lagu ini sudah dapat dinikmati via layanan streaming musik digital. Ditulis oleh Baskara Putra, penggarapan “Evaluasi” juga turut menggaet Kallula dalam upaya pembarisan kata tersebut. Ada juga peran dari Petra Sihombing dan Wisnu Ikhsantama W., yang turut maju bersama Baskara untuk menjadi produser. Mixing dan Mastering dikerjakan oleh Wisnu di Soundpole Studio. Bersama itu, Baskara juga menyertakan bantuan Mikael Aldo dari Sun Eater untuk menopang posisi pengarah visual bersamanya.

Coba cicipi dimensi lain dari vokalis .Feast ini melalui single barunya, “Evaluasi”, melalui player di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
354 views
superbuzz
274 views
superbuzz
526 views
superbuzz
2872 views