SUNDANCER

Single terbaru Sundancer Sebagai Ode Kepada Petani dan Nelayan Bangsa

  • By: NND
  • Sabtu, 24 August 2019
  • 111 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Sundancer, duo garage punk asal Mataram, Lombok, kembali hadir ke atas radar musik independen lokal dengan merilis sebuah single bertajuk “Pusaka Abadi”. Dalam penggarapannya, grup pelantun EP Musim Bercinta yang resmi rilis pada Oktober 2018 ini sekarang dirangkul oleh La Munai Records.

Gaya musik rock ‘n roll medio 60an masih mereka peluk kala menyusun aransemen lagu terbaru ini. Menyikapinya, Sundancer mengkorporasikan unsur-unsur fuzz yang liar, gelombang reverb yang ganas, serta beat “purba” yang menghipnotis. Semua itu dikemas melalui kualitas rekaman yang seadanya—sengaja menjaga unsur dan nuansa mentah yang mereka kejar.

Kini, melalui single “Pusaka Abadi” Sundancer kembali memperkenalkan gaya musik “Spaghetti Western”. Spaghetti Western sendiri merupakan genre film koboi besutan sutradara Italia “Sergio Leone” yang popular pada pertengahan tahun 1960 karena sarat dengan unsur dan adegan kekerasannya. Musik latar ikonis besutan komposer Ennio Morricone menjadi faktor utama dibalik kepopuleran genre ini.

Single yang dirilis tidak jauh dari hari kemerdekaan Indonesia bercerita tentang profesi paling krusial di negara ini: Nelayan dan petani. Menurut Sundancer, kedua profesi tersebut adalah sebuah elemen yang sangat krusial dalam kehidup masyarakat luas—mereka layaknya pusaka.

“Tanpa mereka, tak akan ada sepiring nasi dan lauk pauk di meja makan,” rangkum mereka secara padat melalui siaran pers yang beredar.

Juga melatari narasi tersebut, adalah bentuk keterlibatan Sundancer yang enggan tertinggal dalam menyuarakan karya dalam halaman isu sosial—sebuah wacana yang “sexy”—yang ingin mereka kupas tanpa terhalang kekangan.

Dengarkan single terbaru dari Sundancer, “Pusaka Abadi”, di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
42 views
superbuzz
234 views
superbuzz
161 views
superbuzz
304 views