St. Vincent Konfirmasi Akan Rilis Album Baru di 2021

St. Vincent Konfirmasi Akan Rilis Album Baru di 2021

  • By:
  • Rabu, 27 January 2021
  • 88 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kabar baik datang dari solois pop rock wanita asal Amerika Serikat, St. Vincent. Nama panggung dari sosok bernama Annie Erin Clark tersebut mengumumkan bahwa dirinya akan mengeluarkan album baru pada tahun 2021.

Dalam unggahan di Twitter resminya pada pertengahan Desember 2020, St. Vincent membenarkan segala rumor yang menyebut bahwa dirinya tengah menggarap materi album baru. "Semua rumor (album baru) itu benar. Rekaman baru dengan tajuk Locked and Loaded untuk 2021. Aku tak sabar untuk mendengarkannya pada kalian," tulis St. Vincent.

Dalam wawancara baru dengan Mojo Magazine, St. Vincent berbicara tentang apa yang diharapkan dari proyek album penuh berikutnya. Dari penjelasannya, St. Vincent memberi kode akan ada sesuatu yang baru dalam materi musiknya nanti.

"Album ini adalah pergeseran tektonik dalam karierku. Aku merasa telah melangkah sejauh yang aku bisa dengan sudut pandang yang aku bawa. Aku tertarik untuk kembali ke musik yang telah aku dengarkan lebih dari yang lain seperti rekaman Stevie Wonder dari awal tahun 70-an, Sly And The Family Stone. Aku belajar di bawah kaki para master itu," jelas St. Vincent.

Dia kemudian menggambarkan rekaman berikutnya yang terdengar seperti Gena Rowlands dalam film Cassavetes. "Aku hanya ingin menangkap warna, stok film, dan menceritakan kisah-kisah tentang kesedihan Anda," tambah St. Vincent.

Jauh sebelum kabar album barunya dipastikan, St. Vincent pernah bertutur kepada NME pada 2018 tentang harapannya terhadap album barunya nanti. St. Vincent berharap albumnya nanti terdengar lebih berat dari sebelumnya.

“Aku tidak tahu apa yang selanjutnya,” katanya saat itu. “Aku selalu punya ide yang sangat bagus seperti, 'Oh, Skinny Puppy akan bertemu Dillinger Escape Plan!' Tapi Anda langsung saja masuk dan musik memberitahu Anda apa yang diinginkannya,” ujar St. Vincent.

Selain membahas tentang album barunya, St. Vincent juga berbicara kepada Mojo tentang keinginannya jika konser musik sudah bisa kembali dilangsungkan usai pandemi selesai. Secara umum, sosok berusia 38 tahun tersebut ingin mengubah konsep panggung musiknya.

"Tur terakhir saya diisi sejumlah besar produksi dengan konsep video yang sangat tinggi kualitasnya dan saya tidak bisa melakukan itu lagi. Saya hanya akan kembali manggung dan hanya bermain musik saja," jelas St. Vincent.

Sekilas Tentang St. Vincent 

Musik sudah menjadi bagian hidup St. Vincent sejak masa kanak-kanak. Ia mendapatkan gitar pertamanya di usia 5 tahun sebagai kado Natal dari ibunya. Namun, baru di usia 12 tahun St. Vincent atau Clark bermain gitar secara sungguh-sungguh.

Karier bermusik St. Vincent sebetulnya sudah dimulai sejak 2003 ketika dirinya merilis mini album bertajuk Ratsliveonnoevilstar yang saat itu masih menggunakan nama panggung Annie Clark. Kemudian ia bergabung dengan choral rock band asal Texas, The Polyphonic Spree.

Tak lama berselang, Clark mulai menggarap album perdananya dengan nama panggung St. Vincent pada 2006. Nama ini diambil dari lagu milik Nick Cave seorang musisi veteran Amerika Serikat. Setelah proses cukup lama, album debut St. Vincent akhirnya rilis pada Juli 2007 dengan tajuk Marry me.

Setelah album itu, nama St. Vincent mulai meroket dan dikenal publik. St. Vincent merilis album kedua bertajuk Actor pada 2009, disusul album ketiga dengan nama Strange Mercy pada 2011, berkolaborasi dengan David Byrne di album keempat bertajuk Love This Giant di 2012, merilis album self-titled pada 2014, dan terakhir album keenam pada 2017 dengan tajuk Masseduction.

Selain menggarap materi album baru, tahun 2020 St. Vincent juga disibukkan dengan sederet agenda lain. Sebelum pandemi melanda yang bikin banyak pertunjukan ditunda dan dibatalkan, St. Vincent sempat menjadi pengisi acara di reuni Nirvana pada Januari 2020.

Personel Nirvana kembali tampil sepanggung di Elysium Gala, Los Angeles, pada Sabtu lalu. Dave Grohl (drum), Krist Novoselic (bass) dan Pat Smear (gitar) didaulat menjadi salah satu penampil di penggalangan dana 2020 Art of Elysium Gala yang bertempat di Hollywood Palladium.

Tampil bersama tiga vokalis; Violet (putri Grohl), solois St. Vincent (Annie Clark) dan Beck, Nirvana akhirnya kembali sepanggung setelah Novoselic muncul di sesi encore Foo Fighters di Cal Jam.

Penampilan mereka dibuka dengan “Lithium” yang dibawakan St. Vincent. Bersama formasi serupa, single ini juga berdentum di upacara pelantikan Nirvana dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2014.

0 COMMENTS