Stars and Rabbit Hadirkan Album Menenangkan, “On Different Days”

Stars and Rabbit Hadirkan Album Menenangkan, “On Different Days”

  • By:
  • Kamis, 15 July 2021
  • 304 Views
  • 1 Likes
  • 13 Shares

Mencoba untuk membuktikan kekuatan dan juga kreativitas yang lebih besar datang dari formasi barunya, Stars and Rabbit pun akhirnya mempersembahkan album ketiga mereka berjudul On Different Days pada akhir Juni lalu. Resminya perilisan album ketiga Stars and Rabbit ini sebelumnya sempat diungkap melalui single berjudul Merry Alone pada bulan April lalu. 

Total Stars and Rabbit menyuguhkan 8 nomor lagu untuk menceritakan kisah atau tema yang jadi inspirasi utama dalam menggarap album On Different Days. Melalui album barunya, Elda Suryani dan Didit Saad ingin bercerita tentang proses menemukan kembali diri sendiri di tengah situasi yang tidak menentu sekaligus juga menceritakan proses belajar dalam melepaskan. Narasi tersebut dibangun secara apik oleh Stars and Rabbit dalam bentuk perjalanan yang tersaji dalam 8 lagu di dalam album On Different Days.

Elda Suryani selaku salah satu motor di balik Stars and Rabbit mengungkapkan proses pencarian tema dari album ketiganya tersebut. “Terkadang, kami ragu dalam memilih lingkungan yang paling cocok untuk kami. Fokus pada apa yang bisa dikendalikan. Terkadang ini bukan tentang memperbaiki sesuatu, tapi melepaskan”, ujar Elda Suryani dalam menjelaskan tentang tema dari album On Different Days.

Album On Different Days jadi karya pertama yang digarap oleh Stars and Rabbit di masa pandemi secara remote. Elda Suryani merekam seluruh kebutuhan vokal dalam album ini di rumah. Sedangkan dari jauh, Didit Saad berperan sebagai seorang arranger sekaligus produser untuk keseluruhan dari album ini. Sebagai produser untuk album baru Stars and Rabbit, Didit Saad mencoba untuk menarik garis keterkaitan sebagai respons dalam membuat karya yang menenangkan.

Album terbaru dari Stars and Rabbit ini juga dirilis dalam bentuk piringan hitam di bawah Big Romantic Records untuk distribusi di Jepang dan Asia. Selain itu, untuk distribusi di Inggris dan negara Eropa album ketiga dari Stars and Rabbit ini juga akan dibantu distribusinya melalui Trapped Animal Records.

Pada awal Juli lalu, Stars and Rabbit juga menyuguhkan sebuah konser virtual melalui kanal Youtube mereka. Dalam konser tersebut, Stars and Rabbit juga memperkenalkan lagu-lagu terbarunya yang ada di dalam album On Different Days. Stars and Rabbit menjelaskan bahwa konser virtual tersebut juga disuguhkan untuk menebus rasa penasaran sekaligus rasa rindu para penggemar akan penampilan duo tersebut. 

Berbicara mengenai single jagoan yang diluncurkan oleh Stars and Rabbit untuk menyambut album ketiganya, Merry Alone, Stars and Rabbit mencoba untuk mengangkat pembahasan mengenai isu kesehatan mental. Pembahasan mengenai kesehatan mental tersebut selaras dengan konsep yang tersaji dalam penggarapan album berjudul On Different Days. Elda Suryani selaku vokalis bagi Stars and Rabbit juga mengungkapkan bahwa lagu Merry Alone ini lahir dari pengalaman pribadinya dalam menjalani masa pandemi dengan mengisolasi diri dan hanya bersinggungan perihal Stars and Rabbit saja. 

Bersamaan dengan kabar terbitnya single tersebut, Stars and Rabbit juga mengumumkan bahwa mereka telah merilis sebuah video klip dalam format animasi untuk single Merry Alone. Video klip lagu terbaru Stars and Rabbit tersebut disutradarai oleh Merry Wijaya dari Aaska Productions. Konsep video animasi yang naratif tersemat pada video klip Merry Alone ini. Sehingga para penikmat musik awam maupun penggemar Stars and Rabbit dapat paham dengan makna yang hadir dibalik lagu dan visualnya. 

Video klip yang digarap oleh Merry Wijaya tersebut diwakilkan oleh Starboi sebagai tokoh utama yang menjalani kehidupan dan tiba-tiba bertemu dengan sebuah makhluk misterius yang muncul di dunia tersebut. Merry Wijaya secara jelas mengakui bahwa cerita tersebut terinspirasi dari hadirnya pandemi yang secara tiba-tiba dan langsung mengubah tatanan hidup secara masif. Namun, aspek perjalanan hadir dalam cerita pada video klip tersebut sebagai bentuk perspektif, bahwa lambat laun, manusia akan bisa memahami cara menangani virus yang berkembang ini dengan sudut pandang yang berbeda dari hari ini demi menjalani kehidupan di masa depan yang diharapkan bisa menghadirkan kebahagiaan.

Image courtesy of Stars and Rabbit

0 COMMENTS